Barcelona Kehilangan Martabat, Dihancurkan Munchen dengan 8 Gol

- Sabtu, 15 Agustus 2020 | 07:14 WIB

HARIANHALUAN.COM - Martabat Barcelona sebagai salah satu klub tersukses di Eropa dihancurkan Bayern Munich lewat skor telak 8-2 pada perempat-final Liga Champions di Estadio Da Luz, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB. Blaugrana terlihat kedodoran sejak awal laga dan Bavarians begitu mudah menggelontor gawang Ter Stegen masing-masing empat gol di setiap babak. 

Barcelona hanya sanggup dua kali membalas berkat kreasi Jordi Alba. Ini merupakan kekalahan terbesar Barcelona di pentas Eropa dan mungkin merupakan puncak masalah internal klub Catalan tersebut sepanjang musim ini. Bukan sekadar tersingkir di perempatfinal Liga Champions, tapi harus melaluinya dengan sangat memalukan. 

Tanda-tanda buruk sebenarnya sudah terlihat buat Barcelona ketika sudah dibobol Thomas Mueller di menit keempat. Gol bunuh diri David Alaba sempat mengaburkan tanda tersebut. Tapi Bayern menunjukkan bahwa mereka memang lebih baik dengan tiga gol lain untuk menutup babak pertama. Barcelona merespons di awal babak kedua dengan gol Luis Suarez di menit ke-57, tapi tetap saja kalah telak 8-2. 

Sebagai informasi, kebobolan delapan gol adalah sesuatu yang sangat jarang dialami Barcelona. Terakhir kali mereka kalah dengan kemasukan delapan gol adalah saat takluk 0-8 dari Sevilla di babak 16 besar Copa del Rey pada 1946. Bahkan kebobolan tujuh gol saja sudah menjadi pengalaman yang sekian lama tak dirasakan Barcelona. 

Opta mencatat, terakhir kali Barca kemasukan tujuh gol adalah saat kalah 4-7 dari Valencia pada Oktober 1949 silam. Di Liga Champions, ini adalah kali ketiga Barcelona kemasukan lima gol atau lebih dalam satu laga. Los Cules kalah 2-6 dari Valencia di Fairs Cup 1962 dan kalah 4-5 dari Levski Sofia di Piala UEFA 1976. (*)

Editor: Administrator

Terkini

X