Usai Olahraga Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini

- Sabtu, 22 Agustus 2020 | 10:16 WIB

HARIANHALUAN.COM - Apa yang Anda lakukan setelah berolahraga? Barangkali terduduk lemas karena sesi yang begitu berat atau segera mencari angin karena ruangan gym yang makin panas. Padahal setelah olahraga, penting untuk melakukan pemulihan apalagi otot sudah 'diobrak-abrik' selama sekian menit.

Menurut Katelyn DiGiorgio, direktur pelatihan Pure Barre, latihan berat dan kurang istirahat akan membatasi peningkatan kebugaran dan merusak upaya untuk bugar. Sebaiknya beri tubuh waktu untuk pulih sehingga tujuan bisa tercapai dengan maksimal.

Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan selepas aktivitas olahraga untuk memulihkan tubuh.

1. Peregangan
Anda memulai olahraga dengan pemanasan maka akhiri dengan peregangan. Bryant Johnson, personal trainer, berkata saat Anda banyak melakukan olahraga kardio maka lakukan peregangan untuk menurunkan detak jantung dan menenangkan sistem saraf.

"Anda ingin tubuh tenang perlahan karena jika tidak, darah Anda bisa mengumpul dan terjadi kram. Saat Anda istirahat dan memulihkan diri, Anda akan membiarkan tubuh kembali fokus sehingga bisa melakukan apa yang selanjutkan akan dilakukan," jelas Johnson mengutip dari She Knows.

Dia menyarankan untuk peregangan dan menahan tiap gerakan selama setidaknya 10 detik. Peregangan ditujukan untuk melindungi otot dan tendon. Makin lama Anda tahan satu gerakan, maka lebih rileks otot, serat otot dan saraf Anda.

2. Minum
Ini seperti gerakan autopilot. Tubuh dengan sendirinya mencari air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Air membantu tubuh menjalankan metabolisme.

Johnson berkata air putih baik diminum setelah olahraga maksimal selama 30 menit. Namun jika Anda berolahraga lebih dari 45 menit, dia menyarankan untuk minum air kelapa.

"Saat Anda berolahraga dalam jangka waktu lama, Anda mulai kehilangan garam dan elektrolit dan air kelapa membantu menggantikannya karena ada kandungan potasium," jelasnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Tiga Pemain Udinese Enggan Divaksin

Jumat, 23 Juli 2021 | 09:45 WIB

Olimpiade Tokyo, Timnas Brasil Lumat Jerman 4-2

Jumat, 23 Juli 2021 | 02:34 WIB
X