Profil Miguel Oliveira: Rider Portugal yang Catat Sejarah di MotoGP

- Minggu, 23 Agustus 2020 | 23:31 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Miguel Oliveira mencatatkan sejarah untuk Portugal di ajang MotoGP setelah ia berhasil keluar sebagai pemenang di MotoGP Styria. 

MotoGP Styria 2020 berlangsung di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (23/8/2020) malam WIB. Kejutan terjadi di tikungan terakhir dengan menghadirkan Oliveira sebagai juara.

Rider asal Portugal itu finis terdepan setelah memanfaatkan serunya persaingan Jack Miller dan Pol Espargaro dalam mengincar posisi pertama. Di saat keduanya terlalu masuk ke dalam di tikungan terakhir, Oliveira menyodok Miller dan Pol.

Oliveira menjadi yang tercepat di MotoGP Styria. Dia keluar sebagai juara secara dramatis setelah menyodok di tikungan terakhir. 

Gelar juara ini mengantarkan Oliveira ke catatan sejarah. Dia menjadi orang Portugal pertama yang berhasil meraih kemenangan di MotoGP.

Keberhasilan rider 25 tahun ini juga menjadi kemenangan pertama KTM. Hasilnya menjadi sangat luar biasa karena KTM bermarkas di Austria. GP Styria juga balapan bersejarah. Momen ini menjadi penanda race ke-900 MotoGP.

"Sejarah hari ini untuk saya dan negara saya, dan saya lebih bahagia melakukannya di sini, di rumah KTM," kata Oliveira seperti dikutip dari IOL Sport.

Oliveira telah memasuki musim keduanya di MotoGP. Perjalanannya di kelas premier pertama kali pada 2019 dengan mencatatkan 33 poin dari 16 kali balapan.

Sebelum menjadi pemenang, balapan terbaiknya di MotoGP terjadi di MotoGP Ceko 2020 dengan finis di posisi keenam. Sepanjang musim ini Oliveira sudah mengumpulkan 43 poin, kalah 27 angka dari Fabio Quartararo di posisi teratas.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

X