Libatkan KONI, Pemprov Sumbar Susun Grand Desain Olahraga

- Senin, 24 Januari 2022 | 22:38 WIB
Wagub Sumbar Audy Joinaldy, didampingi Kadispora Dedy Diantolani, menyambangi Ketua KONI, Letjen. TNI (Purn) Marciano Norman beserta jajarannya di Kantor Pusat KONI, Jakarta, Senin (24/1/22) untuk bersilaturahmi dan melakukan audiensi.
Wagub Sumbar Audy Joinaldy, didampingi Kadispora Dedy Diantolani, menyambangi Ketua KONI, Letjen. TNI (Purn) Marciano Norman beserta jajarannya di Kantor Pusat KONI, Jakarta, Senin (24/1/22) untuk bersilaturahmi dan melakukan audiensi.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mendorong upaya peningkatan prestasi olahraga Sumbar, Wagub Sumbar Audy Joinaldy, didampingi Kadispora Dedy Diantolani, menyambangi Ketua KONI, Letjen. TNI (Purn) Marciano Norman beserta jajarannya di Kantor Pusat KONI, Jakarta, Senin (24/1/22) untuk bersilaturahmi dan melakukan audiensi.

Audy menyampaikan beberapa poin mengenai kondisi keolahragaan dan prestasi Sumatera Barat pasca gelaran pesta olahraga PON XXI Papua. Tak lupa, dia mendiskusikan upaya-upaya yang perlu dilakukan dalam rangka peningkatan Prestasi Olahraga di provinsi itu ke depan.

Baca Juga: Syaiful: Positif untuk Olahraga Sumbar

Ia menyampaikan, menindaklajuti adanya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang telah ditetapkan melalui Perpres 86 tahun 2021 lalu, Sumbar telah membentuk Tim Koordinasi Penyelenggaraan DBON di tingkat provinsi. Tim ini nantinya akan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder untuk mewujudkan pembinaan dan pengembangan keolahragaan daerah secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan.

"Langkah awal kita di tahun 2022 ini yaitu melakukan penyusunan Grand Desain Olahraga Sumateta Barat bersama dengan KONI dan melibatkan seluruh stakeholder lainnya, seperti perguruan tinggi dan pelaku-pelaku olahraga," ujar Wagub.

Baca Juga: FIK UNP Berperan Penting dalam Olahraga Sumbar

Dengan begitu, diharapkan akan muncul ketetapan olahraga daerah Sumateta Barat yang akan mengkluster cabang olahraga berdasarakan prioritas prestasi unggulan. Sehingga pembinaan keolahragaan prestasi kedepannya berbasis pada olahraga prioritas yang telah ditetapkan tersebut.

"Nanti akan dibuat prioritas I, II, dan III berdasarakan prestasi unggulan, sehingga ke depan kita lebih baik lagi dalam pembinaan olahraga," Wagub menjelaskan.

Disamping membahas hal tersebut, Wagub juga untuk meminta arahan mengenai kemungkinan Sumbar untuk dapat menjadi Tuan Rumah PON berikutnya setelah Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024 mendatang.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pep Guardiola Ingin Pertahankan Gabriel Jesus

Jumat, 20 Mei 2022 | 14:45 WIB

5 Klub Paling Berharga di Dunia Pada Saat Ini

Kamis, 19 Mei 2022 | 20:36 WIB
X