Sejarah: Ketika Semen Padang FC Juara Piala Liga dan Tembus Kompetisi Asia

- Senin, 16 November 2020 | 13:18 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Meski tim PS Semen Padang (PSSP) hanya konsisten di papan tengah dalam perjalanan liga Divisi Utama Galatama, berbeda cerita dengan keikutsertaan tim di Piala Liga. Dalam Piala Liga I sampai dengan Piala Liga Ke V, tim PSSP selalu tembus ke babak semi final. Tiga diantaranya itu tim PSSP mampu merebut posisi tempat ketiga. Uniknya, tim-tim yang mengalahkan PSSP di semi final selalu menjadi juara.

Di Piala Liga Pertama (1985), PSSP kalah dari Arseto Solo di semi final, diperebutan tempat ketiga, PSSP mampu mengandaskan Makassar Utama. Arseto Solo sendiri keluar sebagai juara setelah mengalahkan Mercu Buana Medan. Setahun kemudian (1986), PSSP juga berada diperingkat ketiga setelah kalah menyakitkan dari Makassar Utama dengan skor 1-3. Meski diunggulkan tim PSSP harus menyerah dari lawannya. 

Makassar Utama sendiri tampil sebagai juara setelah mengalahkan Niat Mitra Surabaya. Pada tahun 1987, PSSP kembali lolos kebabak semi final. Namun, langkah menuju tangga juara terhenti oleh Krama Yudha yang juga berhasil meraih juara setelah mengalahkan Pelita Jaya. Pada edisi tahun 1988 dan 1989 PSSP sendiri gagal melaju ke semi final. Dua tahun berikutnya, 1990 dan 1991 Piala Liga ditiadakan karena tidak adanya sponsor. 

Barulah tahun 1992 ,edisi Piala Liga Ke-VI kembali digulirkan dan PS Semen Padang tampil sebagai Juara. Hasil ini tentunya bak setetes air bagi pecinta sepakbola Ranah Minang. Bagaimana tidak, tim PSSP berhasil juara diluar kandang dengan mengalahkan salah satu tim tangguh, Arema FC di Stadion Tambak Sari 10 November, Surabaya. Juara ini juga tidak didapatkan Nil Maizar dkk dengan mudah karena selain Arema Malang dihuni pemain-pemain hebat, juga mendapatkan dukungan penuh penonton dan suporternya dari Malang, Surabaya serta seantero Jawa Timur.

Perjalanan PSSP menuju tangga juara dimulai dari perjuangan di fase grup I. Lawan yang dihadapi PSSP adalah Aceh Putra dan Medan Jaya dengan sistem kandang dan tandang. Laga perdana menghadapi Aceh Putra di Stadion Imam Bonjol (19/6/1992) PSSP menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol Taufik Yunus menit ke-74. Laga kedua di stadion yang sama (21/6/1992) menghadapi Medan Jaya , PSSP menang dengan skor 2-0 lewat gol Maskur Rauf menit ke-29 dan Taufik Yunus menit ke-67.

Di partai tandang menghadapi Medan Jaya (4/7/1992), PSSP berhasil bermain imbang 1-1 dan kalah dikandang Aceh Putra (5/7/1992) dengan skor 1-0. PSSP lolos kebabak selanjutnya dengan mengemas lima poin. Di babak selanjutnya, PSSP tergabung dalam grup A. Grup A sendiri terbilang berat dengan lawan yang akan dihadapi PSSP adalah Pelita Jaya dan Petrokimia Putra. 

Menghadapi Pelita Jaya (17/7/1992), PSSP bermain imbang 0-0 dan menang melawan Petrokimia Putra (18/7/1992) dengan skor 2-1. Hasil ini membuat PSSP lolos ke babak Semi Final sebagai juara grup dengan tiga poin. Di partai final yang berlangsung di Stadion Tambak Sari 10 November pada tanggal (21/7/1992), PSSP sudah ditunggu oleh Arema FC. Tim tangguh peringkat ke-3 Liga Galatama. Mereka memiliki pemain-pemain seperti Kuncoro, Mecky Tata, Nanang Supriyadi maupun Singgih Pitono. 

Selain itu, mereka mendapat dukungan penuh ribuan suporternya memenuhi sesak stadion. Berbeda dengan PSSP yang dihadiri seribuan suporter dari kantong-kantong suporter perantau seperti dari Jakarta, Bali, Surabaya, Malang dan daerah lainnya. Meski demikian, ketahanan mental ternyata mampu membuat PSSP bertahan dan balik menyerang menguasai pertandingan. 

Setelah bermain imbang dan mampu menahan serangan tim Arema Malang dengan skor tanpa kaca mata dibabak pertama, dibabak kedua skuad Suhatman Imam dan Jenniwardin balik membombardir gawang Arema Malang. Gol yang ditunggu akhirnya hadir pada menit ke-53. Mendapatkan umpan serangan balik dari Trisno Affandi, Delfi Adri membawa bola melewati beberapa pemain Arema dengan menakjubkan sebelum melepaskan tendangan keras mendatar ke gawang yang dijaga oleh Nanang Hidayat. 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

3 Bintang Muda Harapan Masa Depan Arsenal

Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:43 WIB

Antonio Conte Siap Latih Manchester United

Selasa, 26 Oktober 2021 | 00:15 WIB

Marco Verratti Cedera, PSG Ditahan Imbang Marseille

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:55 WIB
X