Nostalgia 3 Kiper Terbaik Serie A Era 90-an

- Minggu, 30 Januari 2022 | 18:30 WIB
Gianluca Pagliuca
Gianluca Pagliuca

HARIANHALUAN.COM - Serie A menjadi kompetisi sepak bola yang paling diminati pada era 90-an karena banyak pemain-pemain top dunia memilih untuk menjalani karier sepak bolanya di kompetisi sepak bola teratas Italia tersebut. Tak hanya pemain yang berposisi sebagai penyerang yang mampu mendapatkan tempat di hati para penggemar Serie A namun pemain yang berposisi sebagai kiper juga berhasil mendapatkan tempat di hati para penggemar Serie A.

Timnas Italia dikenal dengan pertahanannya yang kokoh dan sulit untuk ditembus oleh musuh. Pemain-pemain Italia yang berposisi sebagai kiper, bek, dan gelandang bertahan dilatih secara profesional agar mampu menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik. 

Kiper atau penjaga gawang memiliki peran yang sangat penting dalam sepak bola karena kiper menjadi pemain terakhir yang mampu mengagalkan serangan yang dilancarkan oleh tim musuh ketika bek dan gelandang bertahan tak mampu mengantisipasi. Seorang kiper juga diberikan kebebasan untuk mengagalkan peluang dari tim musuh dengan menggunakan seluruh anggota tubuh. 

Gianluigi Buffon menjadi kiper terbaik Serie A pada era 2000-an hingga era 2010-an berkat penampilannya yang mengesankan bersama Parma dan Juventus. Sebelum Buffon, ada tiga kiper terbaik Serie A yang pernah menghiasi kompetisi teratas Italia tersebut. 

1. Gianluca Pagliuca

Gianluca Pagliuca

Pagliuca mendapatkan masa kejayaannya sebagai kiper ketika memperkuat Sampdoria dan Inter Milan. Ia memutuskan untuk hengkang dari Sampdoria pada tahun 1994 dengan bergabung bersama Inter Milan hingga tahun 1999.

Pemain jebolan akademi Bologna ini sukses memberikan satu gelar Serie A musim 1990-91 dan tiga trofi Coppa Italia untuk Sampdoria. Pagliuca menjadi kiper pertama di dunia yang mampu menggagalkan tendangan penalti pada babak final Piala Dunia 1994. Kehebatan Pagliuca membuat Inter memboyongnya dan mantan kiper Sampdoria tersebut membantu Nerazurri meraih gelar UEFA Cup pada tahun 1998. 

2. Francesco Toldo

Halaman:

Editor: Bayu Christian

Sumber: harianhaluan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X