5 Kiper Pencetak Gol Terbanyak di Dunia

- Jumat, 11 Februari 2022 | 15:40 WIB
Rene Higuita dengan aksi akrobatiknya
Rene Higuita dengan aksi akrobatiknya

HARIANHALUAN.COM - Seorang penjaga gawang atau kiper hanya bertugas untuk menjaga gawangnya agar tak kebobolan. Tugas dari seorang kiper memang sederhana dan tidak lelah namun tanggung jawabnya sangat besar.

Tak jarang kiper dituduh menjadi biang kerok kekalahan suatu tim dalam sebuah pertandingan karena dianggap tidak bisa menjaga gawangnya dengan baik. Menjadi seorang kiper harus siap untuk dikambinghitamkan meskipun sudah memberikan dan menunjukan penampilan terbaikya. 

Namun dalam sepak bola, seorang kiper juga bisa mencetak gol dan menjadi penentu kemenangan seperti Allison Becker lakukan pada Premier League musim lalu kontra West Bromwich. Kiper asal Brasil tersebut berhasil menyundul bola di masa injury time dan membawa Liverpool meraih tiga poin pada laga tersebut. 

Gol yang dicetak oleh Allison Becker mengingatkan tentang kiper-kiper yang berhasil mencetak banyak gol di dunia. Ada lima kiper yang mampu mencetak lebih dari 10 gol sepanjang karier sepak bolanya dan sampai saat ini belum ada yang melewati raihan gol yang dicetak oleh lima kiper tersebut. 

5. Rene Higuita 

Rene Higuita

Di posisi kelima diisi oleh kiper legendaris asal Kolombia yakni Rene Higuita. Kiper yang memiliki nama lengkap Jose Rene Higuita Zapata ini berhasil mencetak 41 gol sepanjang kariernya sebagai seorang pesepak bola profesional.

Penjaga gawang yang memiliki rambut panjang yang khas tersebut juga dikenal dengan penyelamatan akrobatik yang mengesankan. Penampilannya yang tak terlupakan ketika ia berhasil menahan bola dari Jamie Redknapp dengan aksi akrobatiknya menyerupai kalajengking pada pertandingan persahabatan kontra Inggris yang digelar di Wembley tahun 1995.

4. Dimitar Ivankov

Halaman:

Editor: Bayu Christian

Sumber: Skor.id, harianhaluan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Napoli Segera Datangkan Penyerang Hellas Verona Ini

Jumat, 12 Agustus 2022 | 00:35 WIB

Cocok Tidaknya Cody Gakpo untuk Manchester United

Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:48 WIB
X