Seperti Apa Sosok Pemilik Newcastle United?

- Minggu, 1 Mei 2022 | 17:37 WIB
Newcastle United (Dwi Prima Putra)
Newcastle United (Dwi Prima Putra)

HARIANHALUAN.COM - Newcastle United saat ini dianggap sebagai klub terkaya di dunia sepak bola, sebuah label yang merupakan hasil dari kelompok kepemilikan klub yang di atas kertas memiliki kapasitas untuk mengalahkan tim lain.

Itu cukup berdampak pada keuangan klub di jendela transfer Januari 2022, menghabiskan lebih banyak daripada tim lain di Eropa, untuk memastikan The Magpies bisa menghindari ancaman degradasi. Akuisisi pemain tersebut terbayar terbayar dengan pencapaian klub yang kini berada di papan tengah.

Tidak banyak uang yang dilibatkan dalam beberapa musim terakhir di bawah mantan pemilik Mike Ashley, tetapi narasinya dengan cepat berubah pada Oktober 2021 ketika sebuah konsorsium mengambil alih dengan janji mengubah nasib klub.

Tetapi pengambilalihan oleh PCP Capital Partners, RB Sports & Media (Reuben brothers) dan Dana Investasi Publik (PIF) yang dikelola pemerintah Arab Saudi tidak datang tanpa kontroversi.

Faktanya, kesepakatan itu membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk diselesaikan dan itu melibatkan perselisihan geopolitik, masalah hak asasi manusia yang bermasalah, dan bahkan menyeret Perdana Menteri Inggris ke dalam percakapan.

Baca Juga: Newcastle United vs Liverpool: Naby Keita Bawa The Reds Raih Poin Penuh

Liga Inggris akhirnya menyetujui transaksi itu meskipun ada tentangan dari organisasi hak asasi manusia yang mengklaim pengambilalihan Newcastle adalah kasus pencucian kasus dengan menggunakan olahraga.

Rintangan terakhir melibatkan Arab Saudi yang setuju untuk memberantas pembajakan yang merusak pemegang hak siar Liga Inggris dan mitra siaran mereka asal Qatar yakni beIN Sports. Penyelesaian perselisihan itu membuka jalan bagi Newcastle untuk berpindah tangan.

Siapa pemilik Newcastle United?

Halaman:

Editor: Dwi Prima Putra

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Transfer Terburuk Chelsea Sepanjang Masa

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:26 WIB

Transfer Besar yang Bisa Rampung Pada Pekan Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 19:21 WIB

5 Penjualan Terbesar Ajax Sepanjang Masa

Rabu, 29 Juni 2022 | 19:04 WIB

Detail Lengkap Kepindahan Gareth Bale ke LAFC

Rabu, 29 Juni 2022 | 18:48 WIB

Frenkie de Jong Kian Mendekat ke Manchester United

Selasa, 28 Juni 2022 | 10:15 WIB
X