Mengenal Clement Turpin, Wasit Final Liga Champions

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:37 WIB
Clement Turpin (Dwi Prima Putra)
Clement Turpin (Dwi Prima Putra)

HARIANHALUAN.COM - UEFA telah mengukuhkan Clement Turpin sebagai wasit final Liga Champions musim 2021-2022, untuk menjadi pengadil laga Liverpool vs Real Madrid.

Kedua tim akan bertanding di Stade de France di Paris pada Sabtu, 28 Mei saat The Reds asuhan Jurgen Klopp menghadapi juara Liga Spanyol musim 2021-22 asuhan Carlo Ancelotti.

Narasi laga ini cukup jelas, Liverpool yang ingin membalas dendam dari kekalahan final Liga Champions 2018 ketika dua gol Gareth Bale membawa Real Madrid memberi kemenangan 3-1 di Kyiv.

Turpin, ofisial keempat untuk pertandingan itu saat Real Madrid memenangkan gelar Liga Champions ke-13, sekarang akan menjadi aktor utama di tengah pertandingan sengit yang berlangsung pada akhir bulan ini.

Baca Juga: Man United Absen di Liga Champions Musim Depan, Cristiano Ronaldo Pastikan Tetap Bertahan

Siapa wasit final Liga Champions, Clement Turpin?

Turpin, 39 tahun, telah menjadi wasit internasional sejak 2010 dan ini akan menjadi pertama kalinya dia menjadi pusat perhatian untuk final Liga Champions, sebuah laga besar di kompetisi Eropa. Dianggap sebagai salah satu wasit top di Ligue 1, pada Mei 2016, ia dinobatkan sebagai wasit Prancis terbaik oleh Federasi Sepak Bola Prancis (FFF).

Turpin memimpin final Liga Europa musim lalu antara Manchester United dan Villarreal tetapi memiliki banyak pengalaman menjadi pengadil di Liga Champions, termasuk tujuh pertandingan musim ini yang dipimpinnya. Dari 34 pertandingan yang dia jalani musim ini, Turpin telah mengeluarkan 118 kartu kuning dan 10 kartu merah. Dia juga menjadi wasit di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Berapa rekor wasit Clement Turpin bersama Liverpool?

Halaman:

Editor: Dwi Prima Putra

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Klub Paling Berharga di Dunia Pada Saat Ini

Kamis, 19 Mei 2022 | 20:36 WIB
X