Terkait Dugaan Pemalsuan Dokumen, Benarkah Italia Berpeluang Gantikan Ekuador di Piala Dunia?

- Rabu, 18 Mei 2022 | 14:58 WIB
Ekspresi kekecewaan Marco Verratti setelah Italia ditumbangkan oleh Makedonia Utara dengan skor tipis 0-1
Ekspresi kekecewaan Marco Verratti setelah Italia ditumbangkan oleh Makedonia Utara dengan skor tipis 0-1

Jakarta, HarianHaluan.com – FIFA dikabarkan telah menyelidiki kasus dugaan pemalsuan dokumen yang menimpa tim nasional sepakbola Ekuador dalam kualifikasi piala dunia 2022.

Kasus ini bermula dari laporan federasi sepakbola Chile yang melaporkan dugaan timnas Ekuador menggunakan pemain asal Kolombia pada kualifikasi piala dunia 2022 lalu bernama Byron Castilla Segura.

Pemain 23 tahun itu diduga menggunakan akta kelahiran dan kewarganegaraan palsu demi bisa mendaftar sebagai warga negara Ekuador. FFC menyebut Castillo lahir di Tumaco, Kolombia, 25 Juli 1995 dan bukan 10 November 1998 di General Villamil Playas, Ekuador.

Baca Juga: Giorgio Chiellini Putuskan Pensiun dari Timnas Italia pada Musim Panas 2022

Chile menilai Ekuador harus kehilangan poin di delapan pertandingan yang dimainkan Castillo, serta memberi lawan-lawan El Tri tiga poin. Hal ini akan membuat Chile naik peringkat empat klasemen dan lolos otomatis ke Piala Dunia 2022.

Dalam situasi seperti ini, federasi sepakbola dunia tersebut kabarnya bisa mengambil dua keputusan berbeda terkait kasus Byron Castillo.

Skenario pertama timnas Ekuador bisa kehilangan poin yang diperoleh ketika Castillo bermain, sebagaimana tuntutan Chile, atau mencoret Ekuador dan memberi izin negara lain tampil di Piala Dunia.

Sementara skenario kedua memungkinkan Timnas Italia masuk menggantikan Ekuador di Piala Dunia 2022. Azzurri merupakan tim tertinggi di peringkat FIFA saat ini yang gagal lolos fase kualifikasi.

Terkait hal ini, mantan anggota Komite Olahraga Italia (CONI), Franco Chimenti, meyakini Timnas Italia berpeluang besar menggantikan Ekuador di Piala Dunia 2022.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arsenal Resmi Dapatkan Gabriel Jesus

Senin, 27 Juni 2022 | 08:46 WIB

Mengapa Liverpool Buka Peluang Jual Mohamed Salah

Minggu, 26 Juni 2022 | 17:58 WIB
X