Siapa Pemilik Liverpool FC? Melihat Lebih Dekat Fenway Sports Group

- Kamis, 26 Mei 2022 | 19:34 WIB
John Henry (Dwi Prima Putra)
John Henry (Dwi Prima Putra)

HARIANHALUAN.COM - Sebagian besar penggemar sepak bola mengenal pemilik Liverpool sebagai John W. Henry, pengusaha Amerika, dan perusahaannya FSG, atau Fenway Sports Group.

Namun, mereka mungkin tidak tahu banyak tentang kepentingan bisnis lain yang dimiliki FSG, orang lain yang terlibat dalam perusahaan, atau bagaimana FSG berhasil membeli Liverpool di tempat pertama, setelah kepemilikan George Gillett dan Tom Hicks yang cukup menyedihkan berakhir.

Pemilik sebelumnya, Hicks dan Gillett, membeli klub tersebut pada tahun 2007, dengan nilai 218,9 juta poundsterling dalam prosesnya. Namun, kepemilikan mereka terbukti kontroversial. Pasangan ini memiliki ketidaksepakatan tentang apa yang harus dilakukan dengan klub, dan sentimen penggemar dengan cepat berbalik melawan keduanya. Ini tidak terbantu oleh sifat pengambilalihan yang memanfaatkan, membebani klub dengan hutang dari kesepakatan.

Pada 2010, menjadi jelas bahwa Hicks dan Gillett tidak memiliki masa depan di Merseyside, dan klub mengalami kerugian besar. Setelah audit dari KPMG, dan tindakan hukum dari kreditur klub, duo pemilik dipaksa oleh hakim Pengadilan Tinggi untuk menjual klub. Sebuah kesepakatan cepat dilakukan dengan FSG, klub dihargai sebesar 300 juta poundsterling pada saat itu.

FSG kemudian paling dikenal sebagai pemilik Boston Red Sox, yang mereka beli pada tahun 2002. Red Sox telah mengalami kekeringan trofi bersejarah yang telah berlangsung 86 tahun sebelum mereka memenangkan World Series pada tahun 2004. Sebuah periode kesuksesan berkelanjutan menyusul untuk tim bisbol profesional.

Baca Juga: Deretan Bintang yang Bermain untuk Liverpool dan Real Madrid

Siapa pemilik Liverpool?

Selain saham mereka di Major League Baseball, FSG memiliki kepentingan bisnis lain, termasuk tim NASCAR, jaringan penyiaran olahraga New England, dan Pittsburgh NHL. FSG secara luas dilihat sebagai salah satu konglomerat olahraga internasional paling sukses di dunia.

John W. Henry adalah pendiri dan pemegang saham terbesar, dan secara umum dipandang sebagai wajah publik FSG secara internasional. Henry menghasilkan uang melalui bisnis investasinya, John W. Henry & Company, Inc. Sebagai penggemar olahraga, dia tampak terlibat dalam bisnis olahraga profesional ketika dia menghasilkan banyak uang, dan itu membuatnya membentuk perusahaan untuk Boston Red Sox, dan yang kemudian menjadi FSG.

Halaman:

Editor: Dwi Prima Putra

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X