Mengapa You'll Never Walk Alone Jadi Anthem Kebanggaan Liverpool?

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 18:25 WIB
You'll Never Walk Alone (Dwi Prima Putra)
You'll Never Walk Alone (Dwi Prima Putra)

HARIANHALUAN.COM - Lagu You'll Never Walk Alone identik dengan Liverpool Football Club, sering dinyanyikan di awal dan akhir pertandingan.

Tim Liga Inggris, yang akan bermain melawan Real Madrid di final Liga Champions 2022 pada 28 Mei, adalah salah satu klub sepak bola paling terkenal di dunia, dan para penggemarnya terkenal di dunia karena tradisi menyanyikan lagu terkenal mereka.

Lagu, dan pesan dukungan, persatuan, dan persahabatannya, adalah simbol emosional klub dan sejarahnya. Itu menjadi lebih tertanam dalam jalinan sejarah Liverpool setelah bencana Hillsborough tahun 1989, dan itu juga merupakan pengingat mereka yang tewas dalam tragedi itu.

Dengan lagu yang ditampilkan dengan bangga sebelum dan sesudah setiap pertandingan Liverpool di Anfield, dan sering kali juga saat pertandingan tandang, berikut adalah ikhtisar lengkap tentang evolusi lagu tersebut menjadi tradisi ikonik untuk salah satu klub sepak bola paling terkenal di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Klub yang Berpeluang Dapatkan Mane dari Liverpool

Sejarah dan penyanyi You'll Never Walk Alone

Awalnya lagu pertunjukan dari Carousel musik Rodgers and Hammerstein 1945, lagu You'll Never Walk Alone telah menjadi identik dengan menunjukkan dukungan dan solidaritas, termasuk untuk individu atau kelompok yang berduka, terisolasi, atau merasa sedih.

Sejak diluncurkan di Broadway, lagu tersebut telah dibuat ulang oleh berbagai artis. Direkam oleh Gerry & The Pacemakers pada tahun 1963, yang hingga hari ini tetap menjadi cover lagu yang paling sukses, memuncak posisi No 1 di tangga lagu Inggris selama empat minggu berturut-turut, dan juga mencapai kesuksesan di luar negeri.

Artis lain yang 'mendaur ulang' lagu ini termasuk Frank Sinatra, Aretha Franklin, Patti LaBelle, Judy Garland, Elvis Presley, Johnny Cash, Lana Del Rey, dan Doris Day, di antara banyak lainnya. Lagu ini juga direkam oleh Marcus Mumford, pentolan utama band Mumford & Sons, untuk acara Apple TV+ Ted Lasso.

Halaman:

Editor: Dwi Prima Putra

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X