Aleksandar Kolarov Putuskan Gantung Sepatu di Usia 36 Tahun

- Senin, 20 Juni 2022 | 00:15 WIB
Aleksandar Kolarov
Aleksandar Kolarov

HARIANHALUAN.COM - Mantan pemain Manchester City yakni Aleksandar Kolarov memutuskan untuk gantung sepatu diusianya yang ke-36 tahun. Keputusannya sudah bulat dan sang pemain akan tetap berada di dunia sepak bola setelah pensiun sebagai pesepakbola profesional. 

Pemain kelahiran 10 November 1985 ini memulai karier sepak bolanya dengan bergabung bersama akademi Red Star Belgrade pada tahun 2004. Namun Kolarov tak memulai debutnya di tim senior klub tersebut dan memilih untuk bergabung dengan Cukaricki ditahun yang sama. 

Aleksandar Kolarov berada di klub tersebut hingga awal tahun 2006 dan kemudian bergabung dengan OFK Beograd. Sang pemain mampu menunjukan performa terbaiknya bersama klub asal Serbia tersebut dan mulai menyita perhatian beberapa klub di luar Serbia. 

Baca Juga: Mengenang Deportivo La Coruna, Tim Penuh Kejutan yang Sulitkan Barcelona dan Real Madrid di Awal Era 2000-an

Tim pencari bakat Lazio terkesan dengan penampilan Aleksandar Kolarov pada musim 2006-07 bersama OFK Beograd. Klub yang berasal dari kota Roma tersebut pun langsung melakukan tindakan nyata untuk memboyong sang pemain setelah musim 2006-07 selesai. 

Elang Ibu Kota pun akhirnya berhasil mendatangkan Kolarov pada musim panas 2007 dengan nilai transfer 925 ribu Euro. Ia langsung menjadi salah satu pemain andalan Lazio di musim pertamanya dan percaya untuk menjaga sisi kiri lini pertahanan Biancocelesti. 

Kolarov menjalani tiga musim yang mengesankan bersama Lazio dan melakukan debutnya di Liga Champions bersama klub tersebut. Kepiawaiannya dalam menjaga lini pertahanan Lazio membuat klub kaya raya Premier League yakni Manchester City berminat untuk mendatangkannya setelah musim 2009-10 berakhir. 

Baca Juga: Hector Bellerin Siap Putuskan Kontak dengan Arsenal Demi Bertahan Lebih Lama di Real Betis

Lazio tak ingin menahan Kolarov untuk terus berkembang dan memutuskan untuk melepas sang pemain ke Manchester City dengan nilai transfer 16 juta Euro pada musim panas 2010. Namun Kolarov harus berjuang keras di Manchester City karena harus bersaing dengan pemain-pemain berkualitas lainnya. 

Pemain asal Serbia ini menghabiskan tujuh musim bersama Manchester City dan membantu klub tersebut meraih dua gelar Premier League. Kolarov kemudian memutuskan pindah ke AS Roma pada musim panas 2017 dengan status bebas transfer. 

Rekan senegara Sergej Milinkovic-Savic tersebut mampu kembali mendapatkan performa terbaiknya bersama Serigala Ibu Kota di musim pertamanya. Kolarov menjadi salah satu pemain andalan AS Roma hingga musim 2019-20 dan sukses memberikan kontribusinya untuk klub tersebut meski tanpa gelar. 

Baca Juga: Manchester United Siap Saingi Manchester City dalam Perburuan David Raum pada Musim Panas Ini

Perjalanannya terus berlanjut dan sang pemain memilih untuk bergabung dengan Inter Milan pada musim panas 2020. Namun Kolarov tak berhasil meyakinkan Antonio Conte dan sang pemain hanya menjadi pemain pelapis di Inter Milan pada musim pertamanya. 

Kolarov berharap musim 2021-22 menjadi musim yang fantastis untuknya tetapi kenyataannya ia lebih sering menghangatkan bangku cadangan. Bek Serbia ini pun memutuskan untuk merealisasikan keinginannya untuk tak lagi menjadi pesepakbola setelah musim 2021-22 berakhir. 

Halaman:

Editor: Bayu Christian

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X