Pengakuan Shin Tae Yong Tak Sadar Pernah Hadapi Bima Sakti di Piala Asia

- Selasa, 28 Juni 2022 | 14:50 WIB
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong (Dwi Prima Putra)
Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong (Dwi Prima Putra)

Jakarta, HarianHaluan.com – Pelatih Tim Nasional Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae Yong diketahui sempat membela timnas negaranya saat menghadapi Indonesia di Piala Asia tahun 1996.

Dikutip dari wawancara yang dilakukan Detik.com, pelatih asal Korsel tersebut mengaku ingat bahwa dirinya pernah melawan timnas Indonesia sebagai pemain. Namun, dirinya tak sadar pernah berhadapan dengan mantan pelatih timnas Indonesia Bima Sakti.

"Coach Bima tak pernah bicara soal ini. Saya ingat melawan Timnas Indonesia tapi tak ingat pemain (Timnas Indonesia) siapa saja yang bermain. Ya baru tahu hari ini," kata Shin lalu tertawa lepas, dalam wawancara eksklusif dengan detikSport.

Baca Juga: Usai Jalani Latihan Berat, Ini Kata Shin Tae-yong Tentang Fisik Timnas Indonesia U-19

Lebih lanjut, dalam wawancara tersebut terungkap bagi Shin, Piala Asia 1996 bukan kali pertama ia berjumpa Indonesia karena sudah melakoninya pada 1991. Korsel yang akan tampil di Olimpiade Barcelona 1992, menggelar ujicoba menghadapi Indonesia di Stadion Masan, Changwon, Korsel. Dalam laga itu, Shin mencetak gol.

"Saya sangat ingat, memang kami tim Olimpiade main di Masan Stadium, Korea, menghadapi Timnas Indonesia. Saat itu uji coba pertama buat Korea," tutur Shin mengenang masa lalu.

"Saat itu kami menggunakan 3 bek untuk pertama kalinya. Kebetulan saya main sebagai wing back dan mencetak dua gol, saya masih ingat betul," demikian Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sendiri adalah mantan pemain sepakbola berkebangsaan Korea Selatan yang kini menjadi pelatih tim nasional Indonesia dan merupakan mantan pelatih tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Rusia.

Jejak karier kepelatihan Shin Tae-yong terbilang cukup sukses di tingkat klub maupun saat memegang tampuk kepelatihan timnas Korea Selatan

Satu-satunya klub yang mendapat sentuhan langsung Shin Tae-yong adalah Seongnam Ilhwa Chunma pada periode 2008 hingga 2012. Klub yang kini bernama Seongnam FC, berkompetisi di ajang teratas Liga Korea (K-League 1), dibawanya meraih titel pemenang AFC Champions League edisi 2010 dan Piala FA Korea pada 2011.

Baca Juga: Setelah Menanti 15 Tahun, Timnas Sepakbola Indonesia Kembali Main di Piala Asia, FIFA: Selamat!

Lalu kiprah kepelatihan Shin Tae-yong dihabiskan bersama timnas Korea Selatan baik di level kelompok umur maupun senior. Seperti membawa skuad U-23 Korea Selatan menuju Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, maupun mendampingi pasukan U-20 Korea Selatan di ajang Piala Dunia U-20 2017 di Selandia Baru.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cocok Tidaknya Cody Gakpo untuk Manchester United

Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:48 WIB

Kapan La Liga Spanyol Musim 2022/23 Dimulai?

Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:21 WIB

RB Leipzig Segera Datangkan Penyerang Chelsea Ini

Selasa, 9 Agustus 2022 | 00:10 WIB
X