PPKM Kota Padang Tak Kunjung Turun Level, Walikota: Saya Bingung Indikator Penilaiannya dari Mana

- Kamis, 9 September 2021 | 16:37 WIB
Wali Kota Padang, Hendri Septa
Wali Kota Padang, Hendri Septa

PADANG, HARIANHALUAN.COM - PPKM Kota Padang hingga kini masih belum turun dari level 4. Masa berlakunya pun diperpanjang hingga 20 September mendatang.

Walikota Padang Hendri Septa pun mengaku bingung dengan hal tersebut. Menurutnya, Kota Padang secara statistik harusnya sudah bisa berada di level yang lebih rendah. Namun kenyataannya pemerintah pusat memutuskan Kota Padang masih berada di level 4.

"Kasus harian kita itu sudah menurun, sudah landai. Tidak ada kelurahan yang zona merah. Nah lalu dari mana indikatornya? Dari mana pemerintah pusat bisa menilai seperti itu. Ini yang kita bingung," katanya di Balai Kota Padang, Kamis (9/9/2021).

Hendri menjelaskan kondisi Kota Padang hingga hari ini terus membaik. Warga yang masih dalam perawatan ada sebanyak 650 orang saja.

Tak hanya itu, kasus penambahan hariannya sudah sampai pada dua digit berkisar 30 per hari. Hal ini jauh berbanding terbalik dengan kondisi beberapa pekan lalu yang kasus hariannya bisa mencapai 500 orang.

Keterisian rumah sakit juga terus menurun. Sementara pasien sembuh mengalami kenaikan. Secara umum kondisi Kota Padang sudah membaik.

"Kita bukannya merasa terganggu. Tapi kita melihat kondisi fakta di lapangan rasanya kita siap. Satgas juga siap untuk menjaga kondusifitas Kota Padang. Itu yang kita yakinkan ke pemerintah pusat," ujarnya.

Meskipun begitu, Hendri mengatakan Pemerintah Kota Padang akan patuh dengan keputusan pusat. Dia berharap ke depannya PPKM bisa turun setidaknya ke level 3. Dengan begitu aktivitas masyarakat bisa lebih dilonggarkan lagi. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

X