Audy Joinaldy: Kesadaran Masyarakat Makin Tinggi Terhadap BBM Berkualitas

- Kamis, 9 September 2021 | 21:12 WIB
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy bersama dua narasumber dan moderator saat webinar embangun Komitmen Pemerintah Dalam Mendukung Energi yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan Kamis (9/9).
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy bersama dua narasumber dan moderator saat webinar embangun Komitmen Pemerintah Dalam Mendukung Energi yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan Kamis (9/9).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Comemercial & Trading PT Pertamina (Persero) Sumbagut melaksanakan webinar bertema Membangun Komitmen Pemerintah Dalam Mendukung Energi yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan Kamis (9/9).

Webinar dilakukan melalui Aplikasi Zoom tersebut dipandu John Nedy Kambang, Jurnalis CNN Indonesia TV yang juga Ketua IJTI Sumatera Barat.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan sambutan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy.

"Semoga dengan penyelengaraan webinar ini akan diperoleh dukungan dari semua pihak dalam mewujudkan penyediaan energi yang berkeadilan dan berkualitas untuk semua masyarakat," kata Audy yang sedang berada di Jogyakarta.

Audy mengatakan, ketahanan energi adalah suatu kondisi terjaminnya ketersediaan energi, akses masyarakat terhadap energi pada harga yang terjangkau dan dalam jangka panjang tetap memperhatikan perlindungan terhadap lingkungan hidup. Sedangkan kemandirian energi adalah terjaminnya ketersediaan energi dengan memanfaatkan semaksimal mungkin potensi dari sumber daya dalam negeri.

"Perlu dilakukan kemandirian energi dan ketahanan energi pada suatu daerah agar tetap dapat memenuhi kebutuhan energi bagi seluruh masyarakat," ucapnya.

Diakui Audy, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan Research Octane Number (RON) rendah seperti Premium di Sumbar cenderung menurun dari tahun ke tahun.

Konsumsi Premium pada tahun 2020 berkurang sebesar 57 persen dibanding tahun 2019.

Tahun 2021 ini, lanjutnya, Premium diperkirakan jauh menurun begitu juga dengan konsumsi BBM jenis Solar bersubsidi. Sementara itu, konsumsi BBM dengan RON tinggi, Pertamax Series terus meningkat.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

X