Polsek Lubeg Bongkar Sindikat Curanmor

- Minggu, 11 Januari 2015 | 19:01 WIB

PADANG, HALUAN — Polisi Sektor (Polsek) Lubuk Begalung (Lubeg) bongkar sindikat pencuri motor (curanmor) yang beroperasi di beberapa lokasi di Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Terbongkarnya sindikat ini bermula ketika jajaran Polsek Lubeg menggelar razia di kawasan Bukit Lampu, Jumat (9/1). Ketika itu, datang seorang warga mela­porkan kepada petugas bahwa motornya dengan nomor polisi BA 3504 GF telah hilang. Mendapat laporan tersebut, petugas langsung mengejar pelaku yang belum begitu jauh dari lokasi.

“Kami sisir lokasi dalam radius 200 meter, dan berhasil menangkap dua orang pelaku,” ujar Kepala Polisi Sektor (Kapol­sek) Lubeg, Kompol Jufri saat dihubungi Haluan,  Minggu (11/11) melalu telepon genggamnya.

Setelah mengamankan dua pelaku, petugas memeriksa dan mengembangkan informasi dari keduanya. Setelah menda­patkan informasi, petugas langsung berge­rak dan menangkap lima orang lagi yang terlibat dalam sindikat curanmor ter­sebut.

Hingga saat ini, sudah tujuh pelaku yang berhasil diamankan, yakni Firdaus (17) asal Padang Baru, Iwan (17) asal Pasai Alai, Ilham Komaruddin (18) pelajar MA Limau Manis, Raju (17) putus sekolah, Edo (17) pelajar, Ilham Li Gandres pelajar, dan seorang penadah Salman Rasid alias Payau (22).

“Semuanya ditangkap ditempat terpisah,” terang Jufri. Bersama pelaku-pelaku tersebut, petugas juga berhasil mengamankan lima unit sepeda motor. Tiga unit di antaranya sepeda motor hasil curian dan dua unit sepeda motor operasional.

Sedangkan, seorang yang bertindak sebagai penadah, Salman Rasid alias Payau ditangkap di kawasan Simpang Haru. Ditangan Salman polisi menyita sebuah motor Scopy yang sudah diganti plat nomornya.

“Kami masih lakukan pengembangan terhadap kasus ini, mana tahu masih ada korban-korban lain, atau barang bukti lain yang belum terdeteksi,” pungkas Jufri. Sedangkan pelaku-pelkau ini dijerat pasal 363 tentang pencurian dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. (h/mg-fds)

Editor: Administrator

Terkini

Pemko Padang Kejar Target Vaksinasi 70%

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:36 WIB

Wako Padang Hendri Septa Dikunjungi MUI Kota Makassar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:52 WIB

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB
X