Dirut PT SP Pantau Harga Semen di Pengecer

Administrator
- Selasa, 20 Januari 2015 | 19:40 WIB

Benny menjelaskan, meskipun ada toko bangunan yang tidak terpantau dan masih memakai harga lama, ia meyakini toko tersebut lambat laun akan mengikuti hukum pasar untuk ikut menurunkan. Karena tentunya calon pembeli akan mencari semen ke toko yang sudah menurunkan harga. Namun jika ada yang memiliki banyak stok lama, pihak Semen Padang bersedia melakukan perhitungan subsidi untuk toko bersangkutan.

“Teknis subsidinya, toko yang memiliki banyak stok lama silahkan melaporkan pada distributor, lalu distributor menuliskan berita acara untuk kemudian diajukan ke Semen Padang. Nantinya bisa kita per­hitungkan untuk memberikan sub­sidi agar tidak terjadi kerugian pada pengusaha toko bangunan. Namun pemberian subsidinya bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk zak semen,” lanjut Benny.

Ia meneruskan, tindakan pem­berian subsidi dilakukan agar toko yang belu menurunkan harga semen, bisa langsung mencocokkan dengan harga terbaru. Karena dari Semen Padang sendiri, harga sudah diturun­kan Rp3.000 per/zak kepada distri­butor sejak Sabtu lalu. Untuk itu, para penjual diwajibkan me­nye­suaikan harga.

“Untuk level toko bangunan, harga jual tidak kita tetapkan. Tapi antara satu toko dengan yang toko lain biasanya menetapkan harga yang sama. Kalaupun ada perbedaan yang ditemukan, paling tinggi hanya Rp500,” lanjut Benny.

Suwirpen Suib,pemilik Toko Bangunan Banio mengungkapkan, setelah modal beli ditetapkan turun sejak Sabtu, toko bangunan miliknya juga langsung menurunkan harga bagi pelanggan. Jika sebelumnya harga yang berlaku Rp60.000/zak untuk beli di tempat dan Rp61.000/zak bagi yang diantar, perubahannya menjadi Rp56.000/zak untuk beli di tempat dan Rp57.000/zak bagi yang di antar.

“Kita langsung menurunkan harga sejak modal beli juga turun. Tidak ada masalah untuk langsung menurunkan harga karena stok lama di toko juga tidak banyak. Malahan saya berpikir, jika harga tidak lang­sung diturunkan, akan sangat ber­potensi kehilangan pelanggan. Ten­tunya pelanggan akan mencari ke toko lain yang lebih murah,” ungkap Suwirpen.

Pantauan harga semen oleh PT. Semen Padang kali ini dilakukan pada lima titik toko bangunan. Antara lain 2 toko di daerah Ga­duik, 1 di daerah bypass Kuranji, 1 di daerah Kalumpang dan terakhir 1 toko di daerah Cupak Tangah. (h/mg-isq)

Editor: Administrator

Terkini

384 Pejabat Pemko Padang Dilantik Hendri Septa

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:46 WIB
X