Fasum Belum Maksimal untuk Para Disabilitas

- Minggu, 25 Januari 2015 | 19:02 WIB

Namun dirinya tetap mengapresiasi usaha pemerintah yang melakukan pembenahan pada Trans Padang. “Sekarang Trans Padang juga sudah ada perbaikan, ada bangku khusus untuk teman-teman (Penyandang Di­sabilitas) lalu, sebagian halte ada jalur kursi roda,” jelasnya.

Sementara salah seorang penyandang disabilitas, Lidia mengatakan, untuk saat ini ia lebih memilih menggunakan angkutan kota dibanding Trans Padang, karena untuk ke halte dirinya kesulitan. “Naik ke halte susah karena trotoarnya tinggi, belum lagi dari halte ke bis, untuk kursi roda juga sulit,” ujarnya.

Namun demikian, menurutnya, saat ini halte yang kondisinya bagus untuk penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda bisa dihitung. “Paling yang dekat gubernuran atau di Khatib Sulaiman, itupun masih terkendala dengan trotoarnya,” tambahnya. Sebelumnya, Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sumbar menilai kebijakan pemerintah, dan ketersedian hak dasar, serta sarana umum belum pro penyandang disabilitas.

Ketua PPDI, Icun Sulhadi mengatakan, sampai saat ini hak dasar penyandang disabilitas masih sangat jauh. Banyaknya akses sarana, hak politik, pelayanan publik, kesempatan kerja. (h/mg-rin)

Editor: Administrator

Terkini

Wako Padang Motivasi Generasi Muda di Kurao Pagang

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:27 WIB

DPRD Dukung Padang Jadi Kota Layak Anak

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:01 WIB

Wako Padang Sambut Baik Lembaga Halal Syariah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:55 WIB

Wako Padang Sambut Baik Lembaga Halal Syariah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:20 WIB
X