Perdana, Nasdem Buka Pendaftaran Bakal Calon Kada

Administrator
- Senin, 26 Januari 2015 | 18:48 WIB

“Partai Nasdem lebih dulu membuka pendaftaran balon kepala daerah, karena Nasdem tidak memiliki persoalan internal partai,” ujarnya, Senin (26/1).

Tidak hanya itu, Nasdem juga ingin waktu lebih lama melakukan uji publik sehingga partai benar-benar tahu layak atau tidaknya balon tersebut untuk diajukan ke DPP Nasdem. Meskipun secara resmi pendaftaran dimulai 28 Januari mendatang, saat ini nasdem sudah membuka ruang bagi calon untuk mendaftar dan berkonsultasi terlebih dahulu.

Sementara itu, Sekretaris DPW Nasdem Sumbar Marhadi Efendi mengatakan, pendaftaran balon di partai tidak hanya untuk provinsi, tapi juga untuk 13 kabupaten kota di Sumbar. Pendaftaran diterima di masing-masing DPD kabupaten kota. Untuk balon gubernur di DPW Sumbar.

“Syarat pendaftaran adalah fotokopi KTP, CV, dan visi-misi singkat. Balon harus datang sendiri mengantarkan berkas lamarannya ke alamat yang ditentukan,” jelasnya.

Wakil Ketua Nasdem, Masful mengatakan, DPD dan DPW akan menetapkan tiga orang balon yang akan diajukan ke DPP. Namun demikian, DPD berhak menambah dua orang lagi kalau seandainya dua balon yang ditetapkan DPD dinilai tidak layak. Bagitu pun dengan DPW, jika balon yang ditetapkan tidak layak, DPP berwewenang menambah dua orang lagi untuk diseleksi.

“Namun itu tidak mutlak. Penambahan oleh DPW dan DPP dilakukan jika balon yang dijaring tidak layak, tapi kalau sudah layak, tidak perlu ditambah lagi. Pendaftaran dibuka bagi anggota partai dan masyarakat umum,” ujarnya.

Untuk menghadapi Pilkada serentak, Nasdem juga telah melakukan penjajakan dengan partai lain untuk berkoalisi. Hal itu dilakukan karena perolehan kursin Nasdem tidak mencukupi mengajukan partai sendiri. Ketentuannya, bakal calon Nasdem harus meraih dukungan 20 persen anggota DPRD, namun perolehan kursi Nasdem di DPRD belum mencukupi 20 persen.

“Nasdem sudah lakukan penjajakan dengan tiga partai lain. Hasil penjajakan itu akan dilaporkan ke DPP untuk meminta petunjuk apakah penjajakan tersebut bisa dilanjutkan ke tehapan selanjutnya atau tidak,” tutup Masful. (h/mg-rin)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

384 Pejabat Pemko Padang Dilantik Hendri Septa

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:46 WIB

Pemko Padang Terima Bantuan Sembako dan Beasiswa

Selasa, 30 November 2021 | 08:50 WIB
X