Sopir Angkot Nilai Berat Sebelah

- Senin, 26 Januari 2015 | 18:48 WIB

“Buktikan saja di jalan, kendaraan mana yang lebih sering buang sampah ke luar jendela, angkot atau mobil pribadi. Setahu saya, hanya sekali jauh penumpang angkot saya yang membuang sampah ke jalan, kebanyakan dari mereka membuang sampah di dalam angkot dan saya yang membersihkannya setelah pu­lang narik,” ucap Iwan, dengan nada kesal.

Hal senada disampaikan Bujang, sopir angkot jurusan Pasar Raya-Jondul. Ia merasa, tidak ada waktu bagi pe­num­pang angkotnya untuk makan di dalam angkot. Malah, ia memastikan oknum dari ken­daraan pribadi yang sering membuang sampah sem­ba­rang­an.

“Orang di mobil pri­badi, bisa makan seenaknya dan buang sampah sem­ba­rang­an ke jalanan, sedangkan penumpang angkot mana ada waktu untuk makan dan lain sebagainya,” tutur Bujang, tak kalah kesal.

Bujang melanjutkan, ia dan teman-teman seprofesi me­minta agar aturan yang dibuat oleh pemerintah jangan berat sebelah, sehingga merugikan mereka yang tidak berbuat salah. Apalagi terkait aturan kewajiban memiliki tong sam­pah, pemerintah tidak men­yediakan tong sampah, me­lain­kan sopir angkot harus mem­belinya sendiri.

Sebelumnya, Kepala Di­nas Perhubungan Kota Pa­dang Rudy Rinaldy me­ne­gas­kan, tidak ada alasan bagi setiap pemilik atau sopir angkot untuk tidak mel­eng­kapi ang­kotnya dengan tong sampah, karena hal tersebut adalah salah satu bentuk wujud du­kungan atas pro­gram “Padang Bersih” yang dicanangkan Walikota Padang.

“Ini bukan aturan main-main, angkot harus memiliki keranjang sampah. Aturan bagi yang melanggar sudah jelas, sanksinya bisa didenda mak­simal Rp5 juta atau kurungan maksimal 3 bulan,” ucap Rudy.

Ia juga memastikan, pe­tugas Dishub Kota Padang menggelar operasi rutin di kawasan Air Mancur untuk memastikan setiap angkot melaksanakan aturan tersebut. Jika ada yang melanggar, akan diberi peringatan terlebih dahulu dan jika terus mem­bandel akan diberlakukan sanksi.

“Ini demi kenyamanan bersama, diharapkan setiap pihak saling mendukung agar terlaksananya program “Padang Bersih” sesuai dengan yang diharapkan,” tutup Rudy. (h/mg-isq)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Hendri Septa Kukuhkan Pengurus PPCB Padang

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:20 WIB
X