BUMD Tak Layak Dibubarkan

- Rabu, 4 Februari 2015 | 19:22 WIB

Dikatakan Supardi, pem­bahasan terhadap ketiga BUMD bertujuan untuk mem­perjelas status ketiganya. Se­bab, kondisi yang ada sekarang ketiga BUMD hanya dijalan­kan oleh satu pimpinan. Hal itu dinilai tidak efektif dan akan membawa dampak buruk  pada ketiga perusahaan yang dibentuk atas kesepakatan bersama ini.

“Satu perusahaan saja be­lum tentu berhasil dijalankan oleh satu direktur, apalagi sampai tiga seperti sekarang. Jika tetap berlanjut ini akan jadi bumerang bagi ketiganya,” papar Supardi.

Sebaliknya, tambah Supar­di, jika terjadi penggabungan manajemen dengan satu pim­pinan, itu akan berakibat akan adanya perda yang dilanggar. Dalam hal ini, pada peraturan daerah yang ada, penga­lih­fungsian aset daerah dilarang. Jika akan dilakukan pengga­bungan, pemerintah daerah terlebih dahulu harus meminta persetujuan dari DPRD.

“Sebab dari itu, kita  tak akan membiarkan kondisi  ini terus berlarut. Ketiganya (BU­MD, red) akan dievaluasi de­ngan mendalam. Jika sudah tak layak, akan kita dibubarkan,” tegasnya.

Namun, Supardi Juga me­nam­bahkan, jika pada kesim­pulan akhir evaluasi ternyata diketahui prospek ketiga BU­MD masih bagus, DPRD akan merevisi perda sekaitan de­ngan BUMD tersebut, dengan tujuan agar ketiganya bisa dilebur menjadi satu.

“Jika ketiga perusahaan kita gabungkan, korp bisnis  dari setiap perusahaan akan diperta­hankan dengan cara membentuk divisi untuk ma­sing-masingnya,” pungkas Supardi.

Sebelumnya dua direktur dari tiga perusahaan ini, yai­tunya direktur ATS dan Dina­mika  mengundurkan dengan alasan kesehatan. Untuk me­ngisi kekosongan posisi pim­pinan dua BUMD, sementara ini jabatan direktur tiga peru­sahaan  dipegang oleh Direktur Grafika, Dasril.

Di lain Pihak, Asisten II Pemerintah Provinsi Sumbar, Syafruddin ditemui Haluan Rabu (4/2) kemarin me­nga­takan, kondisi tiga BUMD ini sudah menunjukkan kemajuan meski hanya dipimpin satu direktur.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Wako Padang Sambut Baik Lembaga Halal Syariah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:55 WIB

Wako Padang Sambut Baik Lembaga Halal Syariah

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:20 WIB

Pemko Padang Kejar Target Vaksinasi 70%

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:36 WIB

Wako Padang Hendri Septa Dikunjungi MUI Kota Makassar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:52 WIB

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB
X