Sudah Disegel dan Digembok, Ada Penghuninya

- Jumat, 6 Februari 2015 | 19:50 WIB

Banyak kejanggalan yang ditemukan dan yang anehnya terungkap sebagian besar dari penghuni rusunawa terdapat ketidakcocokan antara peng­huni dengan yang terdaftar. Beberapa keanehan yang semakin muncul kepermukaan ini, akan terus diusut oleh pihak-pihak terkait.

Kepala Dinas Tata Ruang Tata Bangunan (TRTB) Kota Padang, Afrizal BR pada Haluan, Kamis (5/2) mengakui bahwa kejanggalan tersebut benar adanya. Sudah ada laporan yang masuk dari Kepala UPTD Rusunawa Purus terkait kejang­galan tersebut.

“Laporan dari ketua yang baru sudah masuk ke TRTB. Dengan pergantian Kepala UPTD, sekarang semakin terbuka kasus-kasus yang selama ini seperti ditutup-tutupi oleh kepe­ngurusan sebelumnya. Kemudian, seperti menguak kasus ada permainan di dalam rusunawa termasuk RT dan RW setempat,” terang Afrizal, di ruang kerjanya.

Dikatakannya, pada kepala yang lama kejang­galan yang terjadi sudah ditidaklanjuti, namun sepertinya warga rusunawa tersebut tidak mengin­dahkan peraturan yang sudah ditetapkan. Oleh sebab itu, Dinas TRTB yang berkoordinasi dengan camat dan lurah sekitar akan diambil tindakan yang lebih tegas agar permasalahan cepat diselesaikan.

“Memang melelahkan permasalahan yang tidak kunjung selesai. Sudah diberi peringatan tegas bahkan diberi sangsi, namun diindahkan saja. Jika begini, tindakan yang akan diambil akan lebih keras dari pada yang telah lewat,” tambahnya.

Soal warga yang masih menunggak sewa, Afrizal menegaskan, bahwa rusunawa tersebut tidak untuk digratiskan. “Tidak untuk digratiskan, namun diperuntukkan bagi yang berpenghasilan rendah,” tegasnya. Kepala UPTD bersama TRTB akan menin­daklanjuti soal penunggakan bagi yang menyewa. Bagi yang selama ini sudah berjanji akan terus ditagih pungutannya. “Jangan terkejut nanti, jika ada tindakan yang lebih keras dari pada ini,” tuturnya.

Lebih lanjut Afrizal menerangkan, per­masalahan ini akan dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait. “Selain sudah dipetakan dan akan direncanakan tindakan selanjutnya, diharap agar RT dan RW di rusunawa bisa diajak bekerja sama untuk membenahi semua ini,” harapnya. (h/mg-win)

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB
X