PIM Jamin Ketersediaan Pupuk

- Jumat, 6 Februari 2015 | 19:57 WIB

Iswandi menyebutkan, ken­dala penting yang telah teratasi yaitu masalah pe­nyaluran pu­puk yang dulu kerap terhenti di dermaga. Saat ini sudah tidak ditemukan lagi sejak diber­lakukannya aturan peruntukan khusus kepada kapal kebu­tuhan masyarakat langsung yang hen­dak sandar di Palabuhan Teluk Bayur. Dalam hal ini, pupuk terma­suk kebutuhan masya­rakat langsung.

“ Selain itu, kita sangat mewanti-wanti kepada para spekulan pupuk maupun distributor nakal untuk tidak melakukan tindakan yang me­nyalahi aturan. Jika ada, kita tidak akan segan-segan untuk menindaklanjuti,” tegasnya.

Ia mengatakan, untuk me­lakukan pengawasan PT PIM menurunkan tim pengawas di lapangan yang tergabung da­lam Komisi Pengawasan Pu­puk dan Pestisida (KP3). Se­hingga dengan keberadaan pengawas tersebut di lapangan, para distributor akan berpikir-pikir lagi untuk melakukan tindakan melanggar aturan.

Selain menjamin keter­sediaan kebutuhan pupuk di Sumatera Barat, PT PIM juga mengaku siap dalam meng­hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016. Akan tetapi semua tindakan yang diambil tentunya sesuai de­ngan apa yang diintruksikan oleh pemerintah.

“Pada prinsipnya, jika pe­merintah memintak PT PIM untuk mengambil langkah tertentu untuk menghadapi MEA, PT PIM selalu siap. Namun, dengan catatan bahwa produsen tentu harus me­lakukan kajian-kajian strategis untuk pengembangan dan se­bagainya. Karena kita berjalan di bawah pemerintahan, se­hingga kita selalu ber­komi­tmen akan menjalankan segala bentuk intruksi dari pe­merin­tah,” tutup Iswandi. (h/mg-isq)

Editor: Administrator

Terkini

Kebakaran di Lapai Padang, Enam Unit Rumah Hangus

Selasa, 21 September 2021 | 11:36 WIB

Hendri Septa Usulkan Sejumlah Nama Pj Sekda Kota Padang

Senin, 20 September 2021 | 22:25 WIB
X