Pilgub Sumbar, 4 Pasang Calon

- Jumat, 6 Februari 2015 | 20:02 WIB

Kini, di DPRD Sumbar terdapat tujuh partai yang sudah memegang separuh tiket untuk maju pada Pilgub. Un­tuk mencukupi kebutuhan persyaratan, ketujuh  partai ini harus meleburkan diri.

Pengamat politik mem­perkirakan empat hingga lima pasang calon gubernur akan bertarung dalam Pilkada men­datang. Ini disebabkan raihan kursi di DPRD Sumbar, nyaris hampir sama di beberapa par­tai besar. Artinya, partai besar ini sudah mengantongi sete­ngah dari syarat pencalonan dari 20 persen kursi atau seki­tar 13 kursi.

Pada Pileg lalu, Golkar menjadi pemenang dengan me­raih 9 kursi, Demokrat (8 kursi), Gerindra (8 kursi), PAN (8 kursi), PPP (8 kursi), PKS (7 kursi), Nasdem (6 kursi), Hanura (5 kursi), PDI P (4 kursi) dan PKB serta PBB masing-masing dapat satu kursi.

“Sementara jika ada calon yang menggunakan jalur in­dependen ini akan sangat berat. Jika ada, maka sangat dibu­tuhkan usaha yang cukup keras dan modal yang cukup besar,” kata pengamat politik dari Universitas Andalas Asrinaldi, Kamis (5/2).

Jika melihat komposisi perolehan kursi ini, tentunya partai besar ini bersiap-siap me­­menuhi syarat pencalonan. Jika sebelumnya, PAN (8 kursi) dan PPP (8 kursi) sudah mulai mengambil ancang-ancang bergabung, maka keduanya bisa meraih satu tiket pencalonan dan masih menyisakan tiga kursi berlebih. Golkar yang meraih 9 kursi harus mencari empat tambahan lagi. Begitu juga dengan Gerindra maupun Demokrat yang sama-sama memiliki 8 kursi.

Namun, untuk koalisi ini, me­nurut Asrinaldi, partai di daerah tidak akan terpengaruh dengan Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang berada di pusat. Pasalnya, dalam beberapa pemilihan gubernur Sumbar, figur lebih menonjol.

“Partai bisa mengingkari tradisi yang berlangsung di pusat,” ucap Asrinaldi.

Terkait figur ini, Asrinaldi meli­hat beberapa partai mengalami kesulitan menentukan figur dari internal. Hal ini semakin jelas terbukti, ketika partai mem­bera­nikan diri membuka pendaftaran balon kada di awal. Asrinaldi meli­hat Nasdem, Demokrat termasuk partai yang kesulitan mendapatkan figur. Berbeda dengan Golkar yang kelebihan calon.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Hendri Septa Kukuhkan Pengurus PPCB Padang

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:20 WIB

Wako Padang Motivasi Generasi Muda di Kurao Pagang

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:27 WIB

DPRD Dukung Padang Jadi Kota Layak Anak

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:01 WIB
X