43 Unit Sepeda Motor Terjaring Razia

- Minggu, 8 Februari 2015 | 19:43 WIB

Pantuan Haluan di lokasi menyebutkan, dalam operasi ini personel yang terlibat dari unit Reskrim, Lantas, Intel, Sabhara dan Polsek. Razia ini berlangsung setelah melaksanakan apel di Mapolresta Padang, Sabtu (7/2) sekitar pukul 23.45 WIB. Kemudian langsung menuju beberapa kawasan, yakni Khatib Sulaiman, Marapalam, Simpang Karya, Simpang Kinol, Lapai dan GOR H. Agussalim.

Para pengendara sepeda motor yang tidak memiliki kelengkapan kendaraan dan tengah memakirkan kendaraan di jalan, yang hendak melakukan balap liar tampak kebingungan, sehingga para pelaku balap liar tersebut dibuat kocar-kacir.

Alhasil, petugas mengamankan 43 ken­daraan roda dua hingga pukul 02.40 WIB. Di antara beberapa pengendara yang terjaring tersebut tidak menggunakan kelengkapan sepeda motor. Seperti helm, kelengkapan motor dan surat-menyurat. Kemudian petugas melakukan pemeriksaan terhadap pengendara termasuk barang di jok sepeda motor dan langsung ditilang.

Menurut Kapolresta Padang Kombes Pol Wisnu Andayana melalui Kasat Reskrim Kompol Franky M. Monathen menyebutkan, razia yang dilakukan sebagai antisipasi curat, curas dan curanmor, serta balapan liar jalanan. Dari hasil razia tersebut didominasi pengendara­nya masih remaja.

Selain itu, untuk menekan tindak kejahatan jalanan yang terjadi pada malam hari. Me­nurutnya, penindakan akan terus dilakukan di beberapa lokasi di Kota Padang. “Razia akan rutin kita lakukan dan secara terus menerus, guna menekan terjadinya kejahatan jalanan, serta kecelakaan di jalan raya. Selain itu, menindak balapan liar sering dilakukan malam minggu dan dapat membahayakan warga pengguna jalan lainya,” kata Franky, Minggu (8/2) dinihari.

Ia menambahkan, terkait dengan kendaraan yang diamankan tersebut, karena pengendara tidak melengkapi surat-menyurat sama sekali, sehingga dilakukan pengamanan terhadap kendaraannya. Kini berbagai unit motor tersebut masih diamankan untuk dilakukan pengecekan terhadap kendaraannya, apakah adanya kemung­kinan sekian kendaraan yang terjaring ini ada motor curian. Untuk itu, pihaknya akan mela­kukan pemeriksaan terhadap kendaraan tersebut.

“Kita mengimbau kepada para pengendara untuk dapat melengkapi surat-menyurat ken­daraan dan kelengkapan kendaraan,” imbaunya. (h/nas)

Editor: Administrator

Terkini

Kunjungi Kota Padang, Simak Pesan Wakapolri

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:42 WIB
X