Difteri Sudah Merambah ke Solok

- Jumat, 13 Februari 2015 | 20:00 WIB

“Tujuh pasien diantaranya adalah pasien lama, sedangkan 2 lainnya baru masuk pada Kamis (12/2) kemarin,” ucap Gustavianof selaku Pejabat pemberi informasi dan dokumentasi (PPID) RSUP M. Djamil.

Gustavianof kemudian meminta agar masyarakat bersedia beker­jasama dengan pemerintah setempat dalam memberikan imunisasi vak­sin DPT dan vitamin A untuk anak masing-masing.

“Semua demi kebaikan dan keselamatan jiwa anak-anak kita, diharapkan para orangtua bersedia anak mereka diimunisasi,” tutupnya.

Sementara itu, Pemkab Solok segera melaksanakan imunisasi setelah ditemukan seorang penderita difteri di Jorong Aie Kaciek Tabek, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti. Kegiatan imu­nisasi masal ini bakal diikuti 150. 000 anak berusia 2 tahun hinga 15 tahun yang ada di bumi markisa itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabu­paten Solok, dr.Mirsal BM.Epid di Arosuka, Jumat (13/2) mengatakan, walaupun hanya satu kasus difteri yang ditemukan, itu sudah bisa dikategorikan sebagai kejadian luar bisa. Akan tetapi untuk menetapkan suatu daerah itu KLB atau bukan, itu sepenuhnya merupakan we­wenang kepala daerah.

“Kejadian Luar Biasa (KLB) itu tidak harus menunggu adanya kor­ban yang meninggal dunia. Begitu ditemukan satu penderita difteri saja, itu sudah bisa dimasukan kedalam kategori KLB,” ujar Mirsal.

Lebih jauh Mirsal mengatakan, terlepas dari KLB atau tidak, yang jelas Pemkab Solok segera bergerak cepat melakukan langkah-langkah strategis dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran penyakit menular ini. Untuk itu, dalam waktu dekat Pemkab Solok akan meng­gelar ORI (Outbreak Respons Im­mu­nization), yaitu kegiatan imu­nisasi masal.

­Di Kabupaten Solok, kata Mirsal, baru satu orang penderita difteri yang ditemukan, yaitu Fauziah Rahman, di Jorong Aie Kaciek Tabek, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti. Bocah berusia dua tahun enam bulan ini sempat dirawat di M.Jamil Padang dan sekarang sudah sehat dan sudah pulang ke Talang Babungo.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Kunjungi Kota Padang, Simak Pesan Wakapolri

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:42 WIB
X