Maret, Proyek Pembangunan Terminal Tipe A Dilelang

- Senin, 16 Februari 2015 | 20:01 WIB

“Ada tiga terminal yang saat ini tengah kita benahi, pertama untuk angkutan kota (Angkot) yang berada di samping Balai Kota lama, terminal truk Koto Lalang dan terminal AKAP dan AKDP yang berada di Anak Air,” terangnya.

Ia melanjutkan, untuk melanjutkan pembangunan terminal Anak Air saat ini sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang sebesar Rp4,8 miliar yang akan digunakan untuk pembuatan drainase dan land clearing (pembersihan lahan).

“Sementara, untuk pembangunan fisiknya sepenuhnya akan ditanggung pemerintah pusat,” ujarnya.

Ditambahkannya, total anggaran untuk pembangunan terminal akan menghabiskan dana sebesar Rp43 milliar yang tergabung dari bantuan provinsi, pusat dan APBD Kota Padang. “Untuk besarannya dari pusat dan provinsi kita menunggu APBD perubahan, setelah itu baru bisa kita tentukan besarannya,” jelas Rudi.

Rudi sendiri menargetkan pada pertengahan tahun ini, proyek terminal Anak Air sudah bisa langsung dimulai, mengingat kebutuhan Kota Padang akan terminal Tipe A sudah sangat mendesak. “Kita sudah uji desain dan uji klayakan, pada Maret sudah bisa kita lakukan lelang proyeknya,” katanya.

Sementara itu, wacana menjadikan Kota Padang menjadi kota metropolitan dimunculkan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam Rencana Pembangunan Jang­ka Mene­ngah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Nasional (RPJN), Kota Padang, Lubuk Alung dan Pariaman masuk ke dalam wacana kota palapa metropolitan. Di mana tiga wilayah ini, direncanakan akan menjadi pusat kegiatan nasional yang nantinya mendorong kegiatan industri, kelautan dan pariwisata.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar, Afriadi Laudin mengatakan, Pemerintah Kota Padang dan dua daerah lainnya yang masuk dalam wacana kota metropolitan diminta untuk mempersiapkan diri, terutama kesiapan sarana dan prasarana berupa pasar, terminal, sarana pendidikan, pemukiman, pelabuhan dan sistem transportasi.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB
X