Walikota dan AAIPI Tanda Tangani Pakta Integritas

- Kamis, 19 Februari 2015 | 19:01 WIB

Menurut Mahyeldi, de­ngan adanya komitmen akan men­dorong tumbuhnya ke­perca­yaan publik terhadap kegiatan pembangunan yang dilakukan pemerintah. Se­kaligus meng­hilangkan keragu-raguan pega­wai dalam melaksanakan tugas.

“Selama ini kecenderungan pegawai dalam melaksanakan kegiatan pembangunan selalu menjadi dilematis, karena ragu-ragu menggunakan anggaran. Dengan adanya peningkatan pengawasan internal, maka diharapkan bisa menekan kera­gu-raguan dan tingkat kesala­han pengelolaan keuangan,” kata Mahyeldi.

Terlebih dengan telah diku­kuhkan Asosiasi Auditor In­tern Pemerintah Indonesia (AAIPI) wilayah Provinsi Sum­­bar dalam acara ber­samaan, Mahyeldi meng­harapkan AAIPI ini menjadi wadah bagi Auditor dan Ins­pektorat dalam menjalankan peran lebih baik lagi.

Kepala Inspektorat Kota Padang, Andri Yulika me­nambahkan, auditor internal ini sangat vital untuk mend­ongkrak ketaatan dalam me­ne­rapkan prinsip good gover­nance. “Kehadiran asosiasi bisa meningkatkan kualitas output dari berbagai instansi pusat dan daerah dari segi kualitas pelayanan dan keter­tiban dalam pengelolaan ke­uangan,” sebutnya.

Terkait penandatanganan piagam pengawasan internal, menurut Andri, artinya ke­pala daerah memberikan ke­we­nangan yang lebih luas kepada Inspektorat menjalan­kan fungsi pengawasan dan pembinaan.

“Selama ini yang selalu menjadi keraguan adalah soal temuan Inspektorat yang ti­dak sesuai dengan kebijakan dan selera kepala daerah, namun dengan adanya pakta integritas, apapun hasil dari pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh Inspek­torat harus diterima oleh ke­pa­la daerah dan jajaran pim­pinan,” tutup Andri. (h/ows)

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB
X