Pilkada Tetap Gunakan Sistem Paket

- Jumat, 20 Februari 2015 | 20:29 WIB

Kalau perhitungannya pas, baik itu dari segi pembiayaan dan elek­tabilitas calon yang mungkin diu­sung nanti bisa saja partai mem­berikan calon gubernur pada pihak eksternal atau calon independen. Hal ini tentunya calon harus memi­liki poin-poin yang diinginkan oleh partai.

Sementara pengamat politik dari Universitas Andalas Asrinaldi juga mengatakan, pada dasarnya tentu ada peta yang berubah ketika para calon berpikir Pilkada hanya memi­lih gubernur tanpa wakil dengan Pilkada yang menggunakan sistem paket.

“Misalnya ada beberapa yang sudah menarik wakil gubernur ke pihaknya, atau membidik menjadi gubernur saja atau memilih cukup menjadi wakil saja. Seperti terlihat baik itu Muslim Kasim atau Shadiq Pasadigoe tentu memiliki keinginan yang sama untuk menjadi gubernur,” terangnya.

Asrinaldi sendiri berpandangan, meski sudah banyak yang men­deklarasikan dirinya ke partai seba­gai bakal gubernur seperti yang dilakukan Muslim Kasim, Shadiq Pasadigoe, Syamsu Rahim, Taslim, Epyardi Asda, dan yang lainnya, namun tidak tertutup kemungkinan hal itu akan berubah.

Asrinaldi juga melihat lima pasang gubernur akan dihasilkan dalam Pilkada nannti. Empat ber­asal dari pasangan partai ditambah satu pasang calon dari independen. Namun, untuk saat ini juga belum bisa dilihat, siapa yang akan ber­pasangan dengan siapa karena partai sendiri masih bertahan.

Tanpa Uji Publik

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menyayangkan dihapuskannya tahapan uji publik. Bagi calon sendiri, ini berarti meri­ngankan beban calon dengan mengu­rangi satu tahapan.

“Terus terang tahapan uji publik itu tidak usah dihapus. Kalau DPR menilai waktunya cukup panjang yakni enam (6) bulan sesuai isi dari Perppu Nomor 1/2014 tentang Pilka­da Serentak, ya di persingkat saja jadi tiga bulan,” ulas Amnasmen, kemarin.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Pemko Padang Kejar Target Vaksinasi 70%

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:36 WIB

Wako Padang Hendri Septa Dikunjungi MUI Kota Makassar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:52 WIB

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB
X