Menperin Harapkan Indarung VI Segera Rampung

- Selasa, 24 Februari 2015 | 19:47 WIB

“Sejalan dengan ide peme­rintah pusat yang mengalihkan subsidi BBM ke pembangunan infrastruktur, maka ketika infrastruktur di­gen­jot tentu akan mem­butuhkan se­men yang banyak, di sinilah Semen Padang sangat dibutuhkan. Ki­ta berharap In­darung VI bisa cepat selesai dan hasilnya bisa segera dirasakan,” ujar Menperin.

Saleh Husin juga sangat meng­apresiasi rencana PTSP yang akan mengembangkan PLTU sendiri guna mendukung kinerja PTSP. “Tumbuh berkembangnya suatu industri tergantung dengan keter­sediaan energi. Jadi, dengan rencana PTSP yang akan membangun pem­bangkit listrik sendiri sangat di­dukung kementerian,” ujarnya.

Saleh Husin melanjutkan, keter­sediaan energi menjadi salah satu tantangan bagi Indonesia dan bah­kan Sumbar sendiri untuk menyon­song Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Desember 2015 mendatang.

“Apabila tidak kita pikirkan dari sekarang kita bisa tertinggal oleh negara tetangga yang telah mengem­bangkan energi sendiri dengan harga yang juga relatif lebih murah,” terang Saleh Husin.

Direktur Utama PT Semen Pa­dang Benny Wendry dalam kesem­patan yang sama mengatakan, pem­bangunan Pabrik Semen Indarung VI diperkirakan akan selesai pada triwulan III 2016. Sejumlah per­siapan untuk operasional pabrik semen dengan kapasitas 3 juta ton itu, telah dilakukan pabrik semen tertua di Indonesia tersebut.

“Ratusan tenaga kerja baru sudah direkrut dan sekarang ditugaskan bekerja di berbagai lokasi, baik di Padang, Dumai dan lainnya. Mereka dipersiapkan untuk bekerja di Indarung VI,” kata Benny.

Kehadiran Pabrik Semen Inda­rung VI akan menambah kapasitas produksi Semen Padang yang ada sekarang sebanyak 6,8 juta ton. Ditambah Pabrik Semen Padang yang ada di Dumai sebanyak 900 ton, sehingga kelak total produksinya berjumlah 10,7 juta ton per tahun.

Selama ini, pangsa pasar (market share) PT SP meliputi Sumatera dan sebagian Jawa. Ketika produksinya berlebih, PT SP akan mengekspor ke luar negeri. Namun, seiring pesatnya pembangunan di Indonesia bagian barat, PT SP lebih konsen­trasi untuk memenuhi kebutuhan lokal.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Hendri Septa Kukuhkan Pengurus PPCB Padang

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:20 WIB

Wako Padang Motivasi Generasi Muda di Kurao Pagang

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:27 WIB
X