Terdakwa Farhan Dituntut 18 Bulan Penjara

- Rabu, 25 Februari 2015 | 19:45 WIB

Bersamaan dengan tun­tutan terhadap Farhan, dihada­pan majelis hakim yang dike­tuai Siswatmono Radiantoro beranggotakan Dinahayati Sofyan dan M.S Giri Basuki, JPU Dwi Indah juga menuntut terdakwa lain atas nama Mar­yani M. Zen alias Maya (39) dengan hukuman penjara sela­ma satu tahun, denda Rp50 juta, subsider 6 bulan ku­rungan.

“Menuntut supaya majelis hakim yang memeriksa dan memutus perkara, menja­tuh­kan hukuman pidana selama 18 bulan terhadap Farhan dan satu tahun terhadap terdakwa Maya,” sebut Jaksa Indah saat mem­bacakan tuntutan di Pe­ngadilan Negeri Padang, Rabu (25/2).

Adapun yang mem­berat­kan kedua terdakwa, sebut JPU, adalah perbuatan kedua terdakwa ini sudah meresah­kan masyarakat. Selain itu, selama persidangan, kedua terdakwa tidak pernah me­ngakui perbuatannya. Sedang­kan hal yang meringankan menurut JPU, kedua terdakwa belum pernah dihukum.

Terdakwa Farhan, dituntut oleh JPU dengan pasal 86 UU RI nomor 23 tahun 2002 ten­tang perlindungan anak. Se­dangkan terdakwa Maya, JPU menuntut dengan pasal 86 UU RI nomor 23 tahun 2002 jo pasal 56 ayat 1 KUHPidana.

Usai dibacakannya tun­tutan oleh Jaksa, hakim me­nunda sidang selama satu ming­gu, Rabu (4/3) dengan agenda Pledoi (pembelaan) dari ter­dakwa.

Sebelumnya, kasus yang menjerat kedua terdakwa ini berawal pada 25 Juni 2014, sekitar pukul 22.00 WIB. Di­ma­na polisi menangkap mere­ka di sebuah hotel, karena mendapat laporan dari mas­yarakat terkait kasus dugaan “human trafficking”.

Kesembilan anak yang ma­sih berusia dibawah 15 tahun tersebut rencananya akan dica­rikan orangtua angkat oleh kedua terdakwa untuk diseko­lahkan. Bahkan, kedua terdak­wa juga sudah mendapatkan surat izin resmi dari orangtua kesembilan anak serta kepala dusun setempat.

Bambang, selaku Ketua Yayasan Pesantren Darul Hu­da, saat memberikan ketera­ngan di Pengadilan Negeri Padang beberapa waktu lalu mengaku, mengenal terdakwa Farhan dari santrinya bernama Trisna pada Juni tahun 2014. Waktu itu ia belum membe­rikan persetujuan apakah akan menerima sembilan anak yang akan disekolahkan ke pesan­tren miliknya atau tidak.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB
X