Empat Pasien Suspect Difteri Negatif

Administrator
- Jumat, 27 Februari 2015 | 19:44 WIB

Hal tersebut disampaikan Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RS­UP M. Djamil Gustavianof ketika ditemui Haluan di ruang ker­janya. Ia mengatakan, pasien yang dipulangkan telah mele­wati rentetan pe­merik­saan yang ditentukan, sehingga hasilnya negatif dan boleh pulang.

“Jadi, bagi mereka yang telah melewati prosedur pe­meriksaan, termasuk pengu­jian sampel liur di labo­rato­rium, jika terbukti negatif kita pulangkan sesegera mungkin,” ucap Gustavianof.

Ia melanjutkan, hingga saat ini pasien suspect difteri me­mang masuk silih berganti di RSUP M. Djamil. Selain em­pat pasien yang keluar pada Jumat, satu pasien lain baru masuk pada hari yang sama dan tengah menjalani pemeriksaan.

“Ada tindakan medis ter­tentu yang diambil setelah seorang anak diduga suspect difteri. Setelah ditetapkan ne­gatif, pasien juga dibekali dengan obat dan vaksinasi sebelum diperbolehkan pu­lang ke ru­mah. Hal itu, dila­kukan untuk mencegah kemung­kinan pasien tersebut kembali men­derita gejala-ge­jala menyerupai gejala difteri,” lanjutnya lagi. Dari 16 pasien yang dirawat di RSUP M. Djamil, 15 di antaranya berasal dari Kota Padang, sedangkan satu pasien lainnya berasal dari Kabupaten Solok. Untuk me­ngan­tisipasi bertambahnya jum­lah tersebut, Dinas Ke­sehatan Kota (DKK) Padang telah men­­g­gencarkan pemberian i­mu­nisasi masal sejak sebulan belakangan. (h/mg-isq)

Editor: Administrator

Terkini

384 Pejabat Pemko Padang Dilantik Hendri Septa

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:46 WIB

Pemko Padang Terima Bantuan Sembako dan Beasiswa

Selasa, 30 November 2021 | 08:50 WIB
X