Rokok Pemicu Utama Resiko Sakit Jantung

- Selasa, 3 Maret 2015 | 19:10 WIB

Keseriusan Harneli juga tampak, saat ia memberikan ketegasan dan sanksi bagi pengurus YJI Padang, ia tidak mem­­bolehkan ada yang me­rokok. Bagi yang kedapatan, maka pengurus yang lain harus memperingatkan dan boleh me­ngambil rokok itu, ke­mu­dian membuangnya. Tidak hanya itu, ia berencana untuk sekolah-sekolah di kelurahan dan keca­matan, juga akan di­ben­tuk club jantung sehat. Sekaligus melaksanakan rutin senam jantung sehat.

“Kita orang Minang kan suka maka­nan yang bersantan dan berkolesterol. Seperti rendang dan sebagainya, untuk itu kita perlu juga memi­nima­lisir makanan-makanan yang beresiko dengan me­nerapkan gaya hidup sehat, akan terhin­dar dari berbagai resiko pe­nyakit,” ujarnya, saat pe­lan­tikan yang dilakukan di Ru­mah Dinas Walikota Padang, Selasa (3/3).

Dikatakannya, meskipun saat ini anggarannya nol atau belum ada, tapi YJI Padang tetap akan melakukan kegiatan dalam mendorong masyarakat, untuk memelihara kesehatan jantung. Sebagaimana tujuan YJI, menjaga jantung semua masyarakat Kota Padang.

Ia juga berencana akan mengajak YJI untuk bekerja sama, untuk kepala daerah dan instansi yang tidak merokok akan diberikan reward. Se­mentara itu, untuk rumah tangga yang kurang mampu, nantinya YJI akan bekerja sama dengan Dinas Sosial untuk diberikan bantuan.

Sementara itu, Penasehat Utama YJI Padang, Mahyeldi Ansharullah juga menyatakan dukungannya pada YJI Ca­bang Padang dan tetap kon­sisten dengan gerakan anti rokok yang telah dicanangkan beberapa waktu lalu.

“Target kita adalah me­nyehatkan masyarakat, se­kaligus menumbuhkan budaya hidup sehat pada masyarakat,” ujar Mahyeldi, yang juga Wali­kota Padang ini. (h/mg-rin)

Editor: Administrator

Terkini

Pemko Padang Kejar Target Vaksinasi 70%

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:36 WIB

Wako Padang Hendri Septa Dikunjungi MUI Kota Makassar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:52 WIB

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB
X