ORI Tahap Satu 81 persen, Tahap Dua Baru Dimulai

- Selasa, 3 Maret 2015 | 19:11 WIB

“Di sebagian besar lokasi, ORI tahap pertama telah sel­esai kita lakukan sejak sebulan yang lalu, sehingga tahap kedua sudah harus dilakukan kem­bali di daerah tersebut, umum­nya di lokasi-lokasi yang bera­da dekat dengan pusat kota. Sedangkan di beberapa lokasi pinggiran kota memang belum dilakukan ORI tahap pertama, hal itu disebabkan masalah akses dan faktor teknis lain­nya. Namun tetap akan kita upayakan,” ucap Eka kepada Haluan.

Hingga saat ini, Eka me­ngatakan bahwa tidak ada kendala berarti yang dite­mu­kan di lapangan terkait pem­berian imunisasi, untuk men­cegah semakin me­wabah­nya bakteri corynebacterium yang menye­babkan difteri tersebut. Namun, seluruh lapisan ma­sya­rakat diharapkan terus be­kerja sama dalam men­suk­seskan imunisasi massal ­yang akan dilakukan sebanyak tiga taha­pan itu. “O­RI akan kita laku­kan sebanyak tiga kali, setelah tahap pertama dan kedua sele­sai, tahap ketiga akan dilakukan lagi selang enam bulan ke­mudian. Tar­getnya tetap sama, yaitu anak-anak berusia 2 bu­lan hingga 15 tahun di Kota Padang yang lebih kurang berjumlah 240.000 orang,” lanjut Eka.

Sementara itu, Pejabat Pemberi Informasi dan Do­kumentasi (PPID) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil, Gustavianof me­nga­takan, saat ini sebanyak 15 pasien suspect (diduga) difteri tengah mendapatkan pera­watan intensif di ruang isolasi RSUP M. Djamil. “Sebanyak 15 pasien te­ngah men­da­patkan perawatan. 14 pasien berasal dari Kota Padang dan 1 pasien berasal dari Ka­bupaten Solok. Se­bagian su­dah melewati uji la­bo­ratorium berupa pe­me­riksaan swap (sampel liur) untuk mengetahui positif atau ne­gatifnya pasien tersebut me­ngidap difteri,” ucap Gus­tavianof. (h/mg-isq)

Editor: Administrator

Terkini

Perumda AM Padang Buka Pendaftaran MBR 2022

Minggu, 26 September 2021 | 07:28 WIB

Kemenko Marves Segera Siapkan DED TPA Aia Dingin Padang

Sabtu, 25 September 2021 | 12:30 WIB

Berkebun, LBH Padang Usung Konsep Urban Farming

Kamis, 23 September 2021 | 16:46 WIB

8.000 Penerima Bansos di Padang Sudah Divaksin

Kamis, 23 September 2021 | 14:40 WIB

Kebakaran di Lapai Padang, Enam Unit Rumah Hangus

Selasa, 21 September 2021 | 11:36 WIB
X