Tarif Angkot Aur Duri Naik 30 Persen

- Kamis, 5 Maret 2015 | 19:08 WIB

Salah seorang penumpang Widia mengatakan, ia tidak setuju dengan kenaikan ongkos angkot yang menjadi Rp4.000. Karena, menurutnya, jalur antara Aur Duri ke Pasar Raya tidak terlalu jauh. “Kadang kita turun di tengah jalan, tetap saja diminta segitu. Jadi, naik ang­kot sekarang sama saja dengan naik bus kota, jauh dekat ong­kosnya sama,” ujarnya.

Hal yang sama juga dika­takan salah seorang siswa, Hilda mengaku keberatan dengan kenaikan ongkos ang­kot menjadi Rp3.000. Menu­rutnya, patokan ongkos yang lama Rp2.000 sudah pas untuk tarif siswa.

“Masa iya ongkos siswa Rp3.000, jarak antara Pati­mura ke rumah tidak terlalu jauh. Saya lebih setuju, jika ongkos angkot pakai tarif yang lama. Coba bayangkan, kalau semua siswa diantar ke sekolah oleh orangtuanya atau ke seko­lah pakai motor, tentunya ku­rang juga pendapatan mereka,” jelasnya.

Sementara itu, salah se­orang supir angkot Aur Duri, Beni mengaku kesal dengan beberapa angkot yang mene­tapkan tarif yang tidak sama. Karena, menurutnya, tarif yang disepekati bersamalah yang harus dipakai sopir angkot. “Kadang mereka ingin cepat penuh dan banyak penum­pang, mereka turunkan tarif dibawah yang ditetapkan,” ujarnya.

Ketika ditanya soal ke­naikan ongkos angkot, ia tidak banyak menjawab. Namun, ia hanya mengatakan tarif Rp4.000 tersebut sudah sesuai dengan jarak tempuh antara Aur Duri ke Pasar Raya.

Sementara Ketua Organda Kota Padang, Syofyan menya­takan, tidak ada kenaikan tarif angkot, karena kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) hanya naik Rp200 perliter, jadi tidak terlalu berpengaruh. Lagipula, menurutnya, kenai­kan tarif angkot tersebut sudah ada ketentuannya.

“Misalnya, kalau kenaikan BBM Rp1.000 perliter baru bisa dinaikkan, lagipula jarak antara Aur Duri ke Pasar Raya kan juga tidak jauh,” ujarnya.

Terkait adanya beberapa sopir angkot yang masih me­naik­kan tarif angkot, ia meng­imbau supaya menurunkan kembali pada tarif Rp3.000 untuk umum dan Rp2.000 untuk siswa atau anak sekolah. (h/mg-rin)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Hendri Septa Kukuhkan Pengurus PPCB Padang

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:20 WIB

Wako Padang Motivasi Generasi Muda di Kurao Pagang

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:27 WIB
X