Jalan Evakuasi Tsunami Diperlebar

- Jumat, 6 Maret 2015 | 19:16 WIB

Saat ditanya berapa dananya, Rusdi belum tahu. Pihaknya sedang menunggu dana tersebut cair.

Ia meminta dukungan masyarakat dengan cara mempermudah proses pembebasan lahan yang terkena poryek pelebaran jalan itu. Ia melihat, salah satu masalah pembangunan di Padang adalah pembebasan lahan.

“Dulu di tahun 2012, ada dana dari pusat untuk pelebaran jalan Simpang Kalumpang Lubuk Buaya-Simpang Kataping Bypass. Namun, karena terkendala pembebasan lahan, jalan itu tak jadi dilebarkan. Jalan itu akhirnya ditingkatkan saja kualit­as­nya dengan menggunakan dana itu,” sebutnya saat ditemui Haluan di ruangannya, Rabu (4/3).

Rusdi menjelaskan, jalan-jalan yang direncanakan untuk dilebarkan itu merupakan usulan Dinas PU Padang ke pusat. Usulan itu ber­dasarkan data jalur evakuasi tsunami yang terdapat di red book(buku merah) Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Padang.

Namun, Kota Padang baru men­dapatkan lagi dana bantuan pusat pada tahun ini setelah absen dua tahun sebelumnya. Terakhir, Kota Padang mendapatkan bantuan dana pada tahun 2012, yakni pelebaran jalan Simpang Kalumpang Lubuk Buaya-Simpang Katapiang Bypass. Sebe­lumnya, pada tahun 2010 dan 2011, Kota Padang juga mendapatkan ban­tuan itu yang digunakan untuk pele­baran jalan Alai- Bypass dengan panjang 3,4 km. Namun, hingga saat ini, masih tersisa 40 meter yang belum dilebarkan karena terkendala pem­bebasan lahan.

Rusdi melanjutkan, selain meng­gunakan dana pusat, PU Padang juga membuat jalan alternatif evakuasi tsunami menggunakan dana APBD Padang. Jalan tersebut adalah jalan Sungai Taruang ke Dadok Tunggul Hitam, yang ditimbun pada 2014 yang lalu, dengan panjang 1 km dan lebar 8 meter. Tahun ini pihaknya beren­cana mengeraskan jalan tersebut.

“Jalan itu melintasi run away (landasan pacu) Lanud Tabing,” sebutnya.

Tahun ini, kata Rusdi, Bina Marga mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 14 miliar. Dana itu akan digunakan untuk mengaspal ulang (overlay) jalan yang aspalnya sudah aus. Ada 18 ruas jalan dengan total panjang 12 km yang akan diaspal ulang, contohnya jalan Dobi, Gajah Mada dan sebagainya. Pengerjaannya menunggu dana APBD cair.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

RSUD Rasidin Sediakan Food Box Bagi Penunggu Pasien

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:07 WIB

Camat Padang Selatan Optimis Lampaui Target Vaksinasi

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:21 WIB

Terpopuler

X