Selain SDM, Sumbar Kaya Potensi Wisata

- Jumat, 6 Maret 2015 | 19:22 WIB

Meski diakui, potensi sumber daya alam kita memang tidak seperti provinsi-provinsi lainnya di Pulau Sumatera,” kata Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), H. Refrizal, saat bertandang ke Redaksi Haluan, Jumat (6/3).

Refrizal yang berkesempatan menyambangi markas Haluan di sela kesibukan resesnya mengunjungi masyarakat dan segenap konstituennya di daerah pemilihan (dapil) II Sumatera Barat itu mengatakan, memaksimalkan penggarapan potensi sektor pari­wisata dan kuliner, merupakan salah satu regulasi yang harus dilakukan guna mensejajarkan Sumbar dengan daerah-daerah lainnya di Pulau Sumatera.

“Insya Allah, atas prakarsa saya sendiri, kami para legislator yang mewakili rakyat Sumbar di DPR RI, telah sepakat membentuk forum silaturrahmi. Melalui forum ini, kami akan coba mensingkronkan dan juga memperjuangkan usulan program-program Pemerintah Pro­vinsi Sum­bar. Khususnya dalam memacu peningkatan derajat kese­jahteraan masyarakat, yang diwu­judkan mela­lui percepatan pem­bangunan infra­struktur, ekonomi dan sejumlah sektor lainnya,” papar Refrizal.

Bedah 1000 Lapau

Selain dalam rangka menja­lankan fungsi pengawasannya seba­gai anggota DPR, rangkaian masa reses Refrizal juga dimanfaatkannya untuk merealisasikan janji semasa kampanye, yang sekaligus menjadi program pribadi yang telah digu­lirkannya sejak beberapa waktu terakhir. Adalah program ‘bedah lapau’, yang pada sejak awal 2015 lalu ditarget sebanyak 1000 lapau yang tersebar di Dapil II Sumbar.

“Alhamdulillah, hingga saat ini sudah terealisasi sebanyak 203 lapau. Target kita adalah satu kecamatan satu lapau,” kata Refrizal.

Program ‘bedah lapau’ yang diakui Refrizal telah diadopsi oleh Kementerian Perdagangan dengan menukar judul menjadi program ‘bedah warung’ itu, merupakan implementasi dari salah satu cita-cita terbesarnya untuk mengangkat dera­jat ‘wong cilik’, sekaligus dalam upaya memberdayakan masyarakat kala­ngan ekonomi lemah di Sumbar.

“Saya sangat senang program ‘bedah lapau’ ini diadopsi oleh pemerintah pusat. Karena bukan apa-apa, program ini jelas sangat bersen­tuhan langsung dengan lapisan masyarakat paling bawah, khususnya mereka yang berasal dari kalangan masyarakat ekonomi lemah,” pung­kas Refrizal.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB
X