Korem 032/Wbr Gelar Pameran dan Kontes Batu Akik Internasional

Administrator
- Minggu, 8 Maret 2015 | 19:53 WIB

Pameran tersebut dijadwalkan dibuka pada pendaftaran pada tanggal 14 hingga 18 Maret 2015 di Makorem 032/Wbr. Kemudian Pameran dan kontes batu diselenggarakan pada 19 sampai 22 Maret 2015.

“Sebelum dibuka pendaftaran tersebut, sejauh ini sudah ada peserta dari luar negeri untuk mengikuti pameran dan kontes batu akik, yakni Singapura, Cina dan Malaysia,” kata Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Widagdo Hendro Sukoco, kemarin.

Dikatakan Widagdo, pameran dan kontes batu akik terbesar ini akan dirangkai dengan sejumlah kegiatan, di antaranya, pasar rakyat dan lelang batu, grand opening sentra batu akik Sumbar, bazar sembako murah dan dihibur oleh artis Minang (Mak Lepoh).

Digelarnya kegiatan ini, kata Widagdo, bertujuan menjadikan Sumbar sebagai kota tujuan wisata dan membuka peluang bagi usaha kecil menengah dalam menciptakan ekonomi kreatif menghadapi pasar bebas. Selain itu, mendorong pemerintah setempat agar menyediakan tempat pameran dan promosi, rekreasi dan pagelaran seni budaya yang hidup di masyarakat kota ini.

“Selain itu, dengan terselenggaranya kontes tersebut dapat menambah omset panghasilan bagi masyarakat yang berjualan. Dan kita juga berupaya untuk mengangkat atau mempromosikan batu-batu mulia yang ada di Sumbar bisa lebih dikenal,” jelasnya.

Dilanjutkannya, nantinya akan diperlombakan 22 kelas kontes batu akik, yaitu lumut hijau medium, lumut hijau jumbo, lumut campuran medium, lumut campuran jumbo, sungai dareh small (0-15 crat/labor), sungai dareh medium (15-30 crat/labor), sungai dareh jumbo (30 crat ke atas/labor), bacan small (0-20 crat/labor), bacan medium (20-35 crat/labor) dan bacan jumbo (35 crat ke atas/labor).

Kemudian aksesoris wanita (cincin, gelang, kalung dan bros), chalcedony medium, chalcedony jumbo, liontin motif, liontin warna, cincin motif, panca warna, aceh indocrase, aceh solar, garut medium (0-35 crat/labor), garut jumbo (35 crat ke atas/labor) dan Nusantara Internasional Campuran.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, Korem 032/Wbr bekerja sama dengan Pemprov Sumbar, Polda Sumbar dan sponsor lainnya. “Untuk bagi pemenag, kita telah menyiap­kan sertifikat dari Danrem 032/Wbr, Kapolda Sumbar dan Gubernur Sumbar. Dalam kontes batu akik tersebut, juga memperebutkan satu unit mobil bagi pemenang,” ungkapnya. (h/nas)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

384 Pejabat Pemko Padang Dilantik Hendri Septa

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:46 WIB

Pemko Padang Terima Bantuan Sembako dan Beasiswa

Selasa, 30 November 2021 | 08:50 WIB
X