Kucuran Dana Rp 1 Miliar Belum Datangkan Hasil

- Senin, 9 Maret 2015 | 19:13 WIB

Kriteria terpilihnya lima UPPO tersebut sebagai pe­nerima dana dari Kementerian Pertanian, kata Yoite Yuliani, pertama mengajukan proposal ke Kementerian Pendidikan yang difasilitasi oleh Disper­nakhutbun Padang. Ke­mu­dian, mereka memenuhi per­syaratan Kementerian Per­tanian, salah satunya harus menyediakan lahan seluas 250 meter persegi untuk membuat bangunan dan melakukan akti­vitas produksi pupuk organik.

“Lahan itu minimal bisa dipakai selama 10 tahun dan tidak boleh dialihfungsikan ke aktivitas lain selain segala ke­giatan yang berhubungan de­ngan produksi pupuk or­ganik,” ujar Yoite Yuliani saat dihubungi Haluan, Jumat (6/3).

Ia menjelaskan, dana Rp 200 juta untuk masing-masing UPPO yang ditransfer lang­sung oleh Kementerian Per­tanian ke rekening masing-masing UPPO, digunakan untuk membeli item-item yang disya­ratkan oleh Kemen­terian Pertanian untuk mem­produksi pupuk organik. Item-item tersebut adalah membeli 10 ekor sapi, membangun rumah UPPO atau rumah kompos seluas 80 meter per­segi, membuat kandang sapi dengan luas 3 atau 3,75 meter persegi untuk satu ekor sapi, membikin bak fermentasi se­luas 20 meter persegi, dan membeli becak motor untuk mengangkut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mem­pro­duksi pupuk organik.

“Dana ini dikucurkan agar petani bisa memproduksi dan menggunakan pupuk organik untuk sawah dan ladang. Se­lama ini petani menggunakan pupuk kimia yang menye­babkan tanah menjadi keras dan tidak subur. Pupuk orga­nik ini mengembalikan kesu­buran tanah sehingga hasil tani meningkat,” ungkapnya.

Dispernakhutbun Padang yang dalam hal ini berfungsi sebagai pengawas dan pe­ngon­trol kegiatan UPPO tersebut, kata Yoite Yuliani, sudah men­cek bahwa semua UPPO su­dah memiliki semua item-item tersebut. Badang Peme­riksa Keuangan pun sudah memeriksa penggunaan dana oleh masing-masing UPPO pada bulan lalu. (h/dib)

Editor: Administrator

Terkini

Kunjungi Kota Padang, Simak Pesan Wakapolri

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:42 WIB
X