PDIP Siap Deklarasikan Koalisi Pilgub NasDem Optimis Tanpa KIH

- Rabu, 11 Maret 2015 | 19:57 WIB

Tak disebutnya nama NasDem dalam pernyataan politik Alex itu justru dianggap angin lalu oleh Ketua DPW Partai NasDem, Willy Aditya. “Kenapa kami harus bergantung kepada PDIP?,”katanya balik ber­tanya saat dimintai tanggapan soal rencana koalisi PDIP tersebut.

Menurutnya, koalisi nasional yang dibangun pada saat Pilpres 2014 lalu, tidak otomatis terbangun di daerah. NasDem, katanya lagi, membangun koalisi sesuai dengan karakter daerah, untuk menang melalui mekanisme yang fair dan terbuka.

“Kami play to win (bermain untuk menang). Karenanya, dengan mekanisme yang kami miliki, kami membuka pintu selebar-lebarnya kepada seluruh putra-putra terbaik Ranah Minang untuk mendaftar sebagai calon gubernur beberapa waktu lalu. Setelah diplenokan, ada 11 nama calon gubernur dan 64 calon bupati/walikota yang akan kami ajukan ke DPP (NasDem), Senin (16/3) mendatang,”sebut Willy lagi sambil menyebut proses survey akan menjadi penentu siapa kandidat yang akan diusungnya.

Tak ingin ketinggalan dengan NasDem yang sudah berlalu dengan calon kepala daerahnya, PDIP-pun langsung tancap gas membuka pintu pendaftaran bagi calon. Sejak kema­rin pasca Konferda, Alex me­nya­takan proses itu sudah dimulai.

“Ya, hari ini (kemarin,red) kami sudah buka (pendaftaran calon gu­bernur),”katanya tanpa menje­laskan lebih detail soal proses tersebut.

Sebelumnya, Juru bicara tim Koalisi KIH Sumbar (PDIP ber­sama PKB, Hanura dan PBB Sum­bar), yang juga Ketua DPW PKB Sumbar, Febby Dt Bangso Nan Putiah kepada Haluan kemarin mengaku, pihaknya sudah dapat membaca gelagat atau sikap Nasdem Sumbar yang tidak ingin berkoalisi dengan mereka.

Menurut Febby, gelagat tersebut setidaknya sudah terlihat dari bebe­rapa kali ajakan duduk bersama dengan Nasdem untuk membuat dan mematangkan koalisi. Namun sa­yang­nya, upaya itu tidak berjalan mulus.

Konferda Tercepat

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB
X