Terminal Tipe A Terhambat Pembebasan Lahan

Administrator
- Kamis, 12 Maret 2015 | 19:14 WIB

Kepala Dinas Per­hu­bung­an Komunikasi dan Infor­ma­ti­ka, Rudy Rinaldy menga­ta­kan, saat ini Badan per­tana­han masih melakukan pen­daataan terhadap bangunan yang akan digusur. “Pem­bebasan lahan dimulai dari arah Bypass menuju Lubuk Buaya akan dibebaskan lebar­nya 40 m, diperkirakan akan memakan dana sebesar Rp14 miliar,” ujarnya.

Tentang penyelesaian la­han, sudah dikoor­dinasikan dengan Badan Pertanahan serta Kecamatan Koto Tangah. Terkait dengan pem­bangunan terminal, dana pembangunan terminal ini dibantu oleh Ke­menterian Perhubungan me­lalui Dinas Perhubungan Ko­mu­nikasi dan Informatika Provinsi sebesar Rp45 miliar.

“Untuk tahun ini, kami akan lakukan pengerjaan drai­nase dan kliring lahan yang akan memakan biaya sebesar Rp5 miliar dan itu berasal dari APBD Kota Padang. Saya optimis, terminal ini tidak akan sepi seperti Terminal Regional Bingkuang yang la­ma, karena selain terminal juga akan dibangun Mall, Ware­house, gudang dan juga Pe­ngu­jian Kendaraan Bermotor (PKB) untuk truk. Selain itu, ter­minal ini juga akan di­leng­kapi akses transportasi seperti Trans Padang, angkot dan monorel yang akan meng­hubungkan ke pusat kota,” tambahnya.

Ketua Komisi III DPRD Kota Padang, Yandri menga­presiasi kinerja Dishub Ko­minfo Padang dalam membuat masterplan dan akan men­support untuk mewujudkan terminal tersebut. ”Akan te­tapi, kami mewanti-wanti agar perencanaan ini dengan ma­tang dan jangan berubah-ubah, jika ada perubahan hanya peru­ba­han kecil saja. Grand De­sign­nya harus jelas dan terarah, sehingga target yang hendak dicapai seperti tahun 2018 terminal ini akan di­ope­ra­si­kan bisa terealisasi,” katanya.

Ditambahkan anggota DP­RD Kota Padang dari fraksi Nasdem, Amrizal Hadi me­nga­­takan, seharusnya pan­dangan dalam membangun sebuah terminal haruslah jauh ke depan, jangan hanya ber­pato­kan pada kondisi saat ini.

“Seperti rel kereta api di jalan Lubuk Buaya, saat ini memang kereta cuma lewat setiap tiga jam, namun harus memikirkan bahwa pem­bangu­nan terminal ini bisa sejalan dengan perkembangan zaman nantinya,” ungkapnya. (h/ade)

Editor: Administrator

Terkini

Pemko Padang Terima Bantuan Sembako dan Beasiswa

Selasa, 30 November 2021 | 08:50 WIB
X