Kabupaten dan Kota Kurang Setuju

- Jumat, 13 Maret 2015 | 19:40 WIB

“Hal ini karena dengan produksi yang surplus,  Sumbar sudah berada pada kondisi ketahanan pangan. Maka dari itu, yang dibutuhkan saat ini adalah level kemandirian pangan, “ jelas Sabar.

Untuk ini, ia menjelaskan, ada tiga level yang diberikan untuk menilai ketersediaan pangan suatu daerah, yakni ketahanan pangan, kemandirian pangan dan kedaulatan pangan. Jika masih berada pada level ketahanan pangan, katanya,  dirasa  itu akan sangat ortodok. “Untuk Ranperda kemandirian pangan ini, Subtansinya  akan menitikberatkan bagaimana produksi bisa ditingkatkan, dan  pangan yang tersedia jangan sampai dikirim dari luar,”  sebut Sabar.

Sementara itu, anggota komisi II  DPRD Sumbar, Trinda Farhan Satria mengatakan, pergantian nama tersebut tidak akan mempengaruhi hasil yang telah dibahas sebelumnya, karena perubahan tersebut hanya berkisar pada arti tingkatan pangan saja. Adanya perubahan nama atas Ranperda ketahanan pangan mendapat tanggapan yang beragam dari perwakilan kabupaten/kota di Sumbar.

Ronaldi perwakilan Kabupaten Sijunjung  mengatakan, secara garis besar ia mengapresiasi adanya Ranperda tentang masalah pangan. Namun,  ia  mempertanyakan terkait perubahan nama yang dilakukan terhadap  Ranperda.

Sejauh ini, katanya, ia melihat Ranperda ini yang diganti hanya judulnya saja, sementara isinya masih sama dengan yang lama, yakni masih bicara tentang masalah ketahanan pangan.  “Contohnya, pada beberapa pasal dikatakan, yang akan diatur adalah masalah keamanan, pendistribusian, kosumsi, dan ketersediaan pangan. Kalau isinya itu, berarti arahnya masih ke ketahanan pangan. Sebab, yang dimaksud kemandirian pangan itu  adalah tentang kesanggupan untuk memproduksi tanpa mengirim dari luar,’ jelasnya.

Kemudian, Perwakilan Kota Payakumbuh, Anton mengatakan, jika nama yang digunakan adalah kemandirian pangan, peraturan itu dirasa tidak cocok diterapkan di Sumbar.

Menanggapi ini, Ketua Pansus Sabar As yang juga Ketua Komisi II DPRD Sumbar mengurai,  masukan-masukan yang disampaikan kabupaten-kota sangat  baik untuk membangun atau menyempurnakan isi Ranperda. (h/mg-len)

Editor: Administrator

Terkini

Kunjungi Kota Padang, Simak Pesan Wakapolri

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:42 WIB
X