Bawaslu Terapkan Pola Pengawasan Partisipatif

- Minggu, 29 Maret 2015 | 19:14 WIB

Jadi untuk mengawasi itu, lebih baik data tersebut diver­ifikasi semaksimal mungkin sehingga dapat dipastikan semua ma­sya­rakat yang sudah wajib pilih, masuk ke dalam data pemilih. Sementara itu, anggota Ba­waslu Sumbar, Surya Efritmen mengatakan, dalam pemilihan kepala daerah intensitas po­litiknya akan berbeda dengan Pilpres dan Pilleg lalu. Atu­rannya juga akan berbeda. Salah satunya terkait pengawasan pe­milihan secara struktural sampai ke TPS.

Dikatakan juga, pengawas pe­milu itu tugasnya adalah me­lakukan pengawasan pemilu da­lam rangka pencegahan pe­lang­garan. Pengawasan pemilu itu mengkaji, menganalisa, dan me­nilai. Berkaitan dengan pil­kada, pengawasan yang meru­pakan fung­si kontrol yang dilem­baga­-kan. Untuk mendukung ke­lan­caran penyelenggaraan pe­milih­an dapat melibatkan par­tisipasi masyarakat.

Selain pengawas, partisipasi masyarakat dalam bentuk pe­ngawasan pada setiap tahapan pemilihan, sosialisasi pemilihan pendidikan politik bagi pemilih, survey atau jejak pendapat ten­tang pemilihan, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 8 tahun 2015.

“Sosialisasi yang dise­leng­garakan tersebut diikuti oleh tokoh-tokoh masyarakat, orga­nisasi masyarakat, kepemudaan, unsur media, niniak mamak, bun­do kandung, organisasi GOW, dan lainnya. Kita berharap dengan adanya sosialisasi ini, seluruh peserta yang hadir dapat menyam­paikannya kepada mas­yarakat di lingkungan masing-masing,” je­lasnya.  Ia juga me­ngaku akan mengunakan metode pengawasan pada Pilleg lalu, yakni meng­gunakan pengawasan partisipatif. Karena menurutnya, pengawasan partisipatif yang dikembangkan oleh Bawaslu tersebut dirasa cukup efektif untuk dapat mela­kukan penga­w­a­san maksimal ter­masuk menan­gani berbagai ma­cam pelang­garan. (h/mg-rin)

Editor: Administrator

Terkini

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB

RSUD Rasidin Sediakan Food Box Bagi Penunggu Pasien

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:07 WIB

Camat Padang Selatan Optimis Lampaui Target Vaksinasi

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:21 WIB

Terpopuler

X