Dana Desa Dikucurkan Minggu Keempat April

Administrator
- Rabu, 1 April 2015 | 19:48 WIB

“Gubernur, bupati, wa­likota, kepala Bappeda, BPM, dan perangkat desa selama dua hari kemarin diundang ke pusat untuk membahas dana desa ini. Dalam pembahasan tersebut dibicarakan tentang besaran dana alokasi, teknis dan semua yang berkaitan dengan dana desa,” paparnya.

Ia melanjutkan, terkait dengan polemik revisi Pe­raturan Pemerintah (PP) 60 Tahun 2014 tentang dana desa, dalam pertemuan tersebut juga dibahas. Dimana, PP 60 Tahun 2014 telah resmi direvisi sehingga alokasi dana desa ini disamabesarkan untuk seluruh desa yang ada.

“Hasil revisinya besaran dana desa ini ditentukan pe­merintah pusat yang nantinya desa yang menerima juga me­nyiapkan dana pendamping sebesar 10 persen. Penyaluran dana ini masih berpegang dengan aturan luas wilayah, jumlah penduduk, keluarga miskin dan keadaan geografis desa tersebut,” terangnya.

Ditambahkannya, rencana pemerintah yang akan mem­berikan Rp1 – Rp1,4 miliar per desa baru akan terealisasi pada tahun 2017 mendatang. Langkah ini dilakukan ber­tahap oleh pemerintah untuk melihat efisiennya dana desa ini di lapangan. “Jadi, ketika PP 60 tahun 2014 direvisi kita akan merugi tentu tidak benar, nantinya pemerintah juga akan me­nyalurkan dana ini sesuai kebutuhan desa tapi itu ber­tahap,” jelas Syafrizal Ucok.

Di Sumbar sendiri kata Syafrizal, ada 14 daerah yang nantinya akan mendapatkan dana ini, 12 kabupaten dan 2 kota. Kota yang masih me­nerima dana ini yaitu Kota Sawahlunto dan Pariaman.

“Karena di dua kota ini masih ada desa, jadi mereka mendapat dana ini. Untuk Sumbar ada 880 nagari dan desa, yang nantinya akan men­dapat Rp300 per nagari/desa,” jelasnya.

Fasilitator PNPM Pedesaan

Selain itu hasil pertemuan dengan pemerintah pusat kata Syafrizal, 350 fasilitator yang sebelumnya membantu program PNPM pedesaan akan diaktifkan kembali. Mereka tidak lagi dalam program PNPM Perdesaan tetapi seba­gai pendamping dana desa.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

384 Pejabat Pemko Padang Dilantik Hendri Septa

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:46 WIB
X