Calon Kada Dilarang Kampanye Perorangan

Administrator
- Jumat, 1 Mei 2015 | 19:17 WIB

“Jika kandidat membandel memasang alat peraga atau bahan kampanye sendiri, ma­ka yang bersangkutan bisa dikenakan sanksi,” ungkapnya saat pelantikan Panwaslu se-Sumbar, Jumat (30/4) di Pa­ngeran Beach Hotel Padang.

“Aturan ini kan bagus. Jadi calon yang punya uang banyak tidak bisa lagi jor-joran kam­panye seenaknya. Semua kan­didat memiliki jatah yang sama, KPU yang diamanahkan untuk menga­turnya. Tapi de­tail­nya nanti diatur lebih lanjut di peraturan KPU. Kalau ada yang nekat memasang dan menyebar bahan kampanye sendiri, pasti kena sanksi be­rupa pemberhentian kampa­nyenya,” ulasnya.

Sementara terkait kese­pakatan antara Panja Komisi II DPR dan KPU tentang legalisasi pemberian imbalan kepada pemilih pada Pilkada serentak, dengan batasan no­minal Rp50 ribu, dinilai Guna­wan Suswantoro akan me­nyu­litkan pihak pengawas, ka­rena pengawas harus benar-benar memastikan harga ba­rang yang diberikan oleh kandidat. “Kalau ada pemberian souvenir pada pemilih, pihak pengawas bisa mencari pe­ngamat untuk menakar har­ganya apakah mele­bihi Rp50 ribu atau tidak. Kalau diberi kaos, kita tanya ke penjual kaos tentang perkiraan harganya. Kalau diberi batu akik, kita tanya ke pakarnya. Realisasi pengawasan hal itu memang sulit nanti. Tapi kalau aturan memang mengamanahkan, pengawas harus melak­sana­kannya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, menanggapi maraknya baliho ataupun spanduk di berbagai ruas jalan yang me­muat gambar sejumlah tokoh yang menyatakan dirinya calon Gubernur Sumbar, Ketua Ba­waslu Sumatera Barat Elli Yanti mengatakan, pihak pe­ngawas tidak bisa melakukan penindakan karena tidak ada dasar hukumnya. Selain itu yang bersangkutan juga belum terdaftar di KPU sebagai calon yang akan maju pada pilkada mendatang. “Tahapan Pilkada baru dimulai, tapi belum sampai pendaftaran, bahkan pe­ne­tapan calon. Jadi kalau ada yang menyatakan dirinya Ca­lon Gubernur, kita tidak bisa menindak, karena saat ini juga belum masuk tahap kam­panye. Ini memang celah yang di­manfaatkan oleh mereka,” pungkasnya. (h/mg-rin)

Editor: Administrator

Terkini

384 Pejabat Pemko Padang Dilantik Hendri Septa

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:46 WIB
X