Cuaca Sumbar Panas Hingga Akhir Juni

- Selasa, 2 Juni 2015 | 19:08 WIB

Ditambahkannya, beberapa hari terakhir hujan tidak turun, karena sudah memasuki musim kering. Cuaca akan terasa panas, apalagi bagi masyarakat yang berada di jalanan beraspal. Kondisi ini akan terjadi  hingga akhir Juni mendatang. “Sehingga Ramadan tahun ini memang akan terasa berat,” terangnya Senin (1/6) lalu.

Rata-rata suhu udara setiap harinya mencapai 30 sampai 32 derajat celcius. Namun pada puncak cuaca panas nantinya, kemungkinan bisa meningkat mencapai 34 derajat celcius. Peningkatan itu akan bisa terjadi jika hujan dalam beberapa hari tidak turun.

Menurut Budi, kondisi tersebut masih masuk dalam kondisi normal, karena hampir seluruh daerah di Indonesia memang mengalami musim kemarau. “Tapi, ada peluang hujan akan turun pada pertengahan bulan Juni ini,” tandasnya.

Dilanjutkannya, suhu maksimal mungkin men­capai 34 derajat, itu masih normal, sehingga masya­rakat diimbau tidak perlu khawatir. “Memasuki musim pancaroba cuaca bisa berubah seketika dari panas ke hujan,” tuturnya.

Budi berharap masyarakat Sum­bar tidak mencemaskan kondisi panas secara berlebihan. Terlebih mengkaitkannya dengan gelombang panas yang terjadi di India yang menewaskan ribuan orang. Karena, gelombang panas di India tidak akan bergerak ke Indonesia.

”BMKG seluruh Indonesia sudah melakukan rapat koor­dinasi, bahwa gelombang panas di India tidak akan bergerak ke Indonesia, karena letak geografis­nya tidak memungkinkan. Kita juga tidak mengeluarkan him­bauan agar masyarakat mengu­rangi aktivitas akibat panas,” tutupnya. (h/mg-isr)

Editor: Administrator

Terkini

Wako Padang Hendri Septa Dikunjungi MUI Kota Makassar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:52 WIB

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB

RSUD Rasidin Sediakan Food Box Bagi Penunggu Pasien

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:07 WIB

Camat Padang Selatan Optimis Lampaui Target Vaksinasi

Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:21 WIB

Terpopuler

X