DPRD dan Pemprov Beda Pemahaman

- Selasa, 2 Juni 2015 | 19:09 WIB

Para legislator ini mem­pertanyakan alasan gu­ber­nur belum  mengeluarkan SK atau Pergub guna men­cairkan anggaran. Anggota Dewan dari Fraksi Gerindra, Hidayat bahkan mengan­cam, jika  sampai akhir Juni anggaran tetap belum bisa dipakai, ia berencana akan membawa persoalan ini ke ranah hukum.

Sebelum batas waktu tiba,  pemerintah daerah diberi kesempatan men­yam­p­ai­kan penjelasan tertulis terkait belum mengeluarkan Pergub untuk mengeksekusi anggaran.

“Ini adalah hak kons­titusi saya, jika tetap belum ada kejelasan, saya akan ajukan upaya hukum dan tuntut ini ke PTUN (Penga­dialan Tata Usaha Negara).  Tak ada keraguan bagi saya melakukan itu,  karena se­mua persyaratan telah ter­penuhi, dan ini juga diatur  undang-undang,” tegas Ang­gota Komisi IV DPRD Sum­bar tersebut.

Hidayat menilai, secara po­litik sikap Pemprov ini telah meruntuhkan moril politik ang­gota DPRD se­suai dengan dapil­nya. Pa­dahal  sesuai  UU No 23 tahun 2014 tentang peme­rintah daerah yang berkaitan dengan fungsi dewan dalam menjaring aspi­rasi masya­rakat, Bantuan Keuangan Khusus kabu­pa­ten/kota di­boleh­kan untuk dianggarkan.

Selanjutnya  Pemendagri  No 54 tahun 2010 yang juga menga­takan pokok-pokok pikiran ang­gota dewan di­ako­modir melalui APBD.  Kemudian ini juga diatur oleh PP No 16 tahun 2010.

“Penyaluran Bantuan Ke­uangan Khusus sesuai juga dengan tujuan negara untuk men­sejah­terakan ma­sya­rakat. Selain di­boleh­kan, pengucuran angggaran juga  dilaksanakan melalui pro­gram SKPD. Dengan begitu uang bukanlah untuk ke­pentingan pribadi anggota dewan, namun untuk ke­pen­tingan masyarakat,”  ungkap Anggota Dewan dari Dapil I Sumbar tersebut.

Anggaran itu di antara­nya, lanjut  Hidayat, akan dipakai  untuk membangun jalan ling­kungan, memberi bantu­an alat pertanian, serta  mem­bangun infrastruktur lain.

“Dari dapil Sumbar I atau kota Padang, kita sudah me­lam­pir­kan surat permohonan dari Walikota Padang, serta rincian daftar ma­sing-masing kegiatan anggota dewan. Jadi persyaratan­nya sudah dipenuhi,” kata Hidayat.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Hendri Septa Kukuhkan Pengurus PPCB Padang

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:20 WIB

Wako Padang Motivasi Generasi Muda di Kurao Pagang

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:27 WIB
X