Delapan Sekolah di Padang Raih Adiwiyata

- Jumat, 5 Juni 2015 | 19:41 WIB

“Sesuai dengan pemberitahuan Kementrian Kehu­tanan dan Lingkungan Hidup, penyerahan penghargaan dilakukan di Istana Bogor Jawa Barat,” ujarnya.

Untuk secara keseluruhan terdapat 16 provinsi yang akan menerima penghargaan tersebut, diantaranta Provinsi Jawa Timur meraih penghargaan terbanyak yakni 32 sekolah, dan Sumatera Barat (Sumbar) pada peringkat kedua meraih 10 sekolah dan delapan diantaranya diraih oleh Kota Padang.

“Kalau Jawa Timur kan da­erah­nya banyak terdiri dari 29 kabupaten, dan 9 kota, 573 kecamatan dan 8.574 kelurahan, jika dibandingkan dengan Sumbar hanya 12 kabupaten dan 7 kota, dengan 175 kecamatan, dan 1.858 desa. Untuk delapan sekolah yang mendapatkan penghargaan Adi­wiyata Mandiri tersebut ada­lah SMAN 3, SMA Semen Padang, SMK SMAK, SMPN 1, SMPN 8, MTsN Kuranji, SDIT 1 Adzkia Padang, SDN 36 Gunung Sariak,” jelasnya.

Dikatakan bahwa, peng­harga­an Adiwiyata Mandiri ini di­beri­kan pada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa manjadi individu yang ber­tang­gungjawab terhadap lingkungan hidup.

Penilaian Adiwiyata di­dasar­kan pada empat kriteria yakni, pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum ber­basis lingkungan, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.

“Penganugerahan peng­harga­an Adiwiyata merupakan rang­kaian Hari Lingkungan Hidup. Selain menyerahkan penghargaan Adiwiyata presiden juga mem­berikan penghargaan Adipura 2011 dan Kalpataru 2011,” pung­kasnya. (h/mg-rin)

Editor: Administrator

Terkini

Lalu Lintas di Padang Lengang Saat PPKM Darurat

Jumat, 23 Juli 2021 | 18:51 WIB

Bansos Beras 10 Kg di Padang Telah Disalurkan

Selasa, 20 Juli 2021 | 18:44 WIB
X