Dana Desa Tahap Pertama Harus Segera Disalurkan

Administrator
- Minggu, 23 Agustus 2015 | 19:16 WIB

“Meski memang belum bisa digunakan, namun hal ini harus segera dilakukan agar penyaluran dana desa tahap dua tidak terganggu. Kita minta agar akhir Agus­tus penyaluran ke rekening desa dan nagari penerima sudah tuntas dilakukan,” paparnya.

Penyaluran dana desa ini kata Syafrizal akan dila­kukan tiga tahap. Yaitu tahap pertama pada bulan Mei sebesar 40 persen, tahap kedua Agustus sebesar 40 dan tahap ketiga sebesar 20 persen yang akan dilakukan pada akhir Oktober men­datang.

Di Sumbar sendiri kata Syafrizal, ada 14 daerah yang nantinya akan mendapatkan dana ini, 12 kabupaten dan 2 kota. Kota yang masih me­nerima dana ini yaitu Kota Sawahlunto dan Paria­man.

“Karena di dua kota ini masih ada desa, jadi mereka mendapat dana ini. Untuk Sumbar ada 880 nagari dan desa, yang nantinya akan mendapat Rp300 per nagari/desa,” jelasnya.

Ditambahkan Syafrizal, hingga saat ini belum ada petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pe­laksana (juklak) peng­gunaan dana itu. se­hingga masih banyak daerah yang belum berani mencair­kan dana desa yang telah dikirim ke rekening kabu­paten/kota masing-masing.

“Akan lebih baik me­nunggu juklak­nya dulu. Karena, jika penggunaannya nanti tidak sesuai dengan juklak yang terbit, ini bisa menjadi te­muan,” jelas­nya.

Selain itu kata Syafrizal belum adanya pendamping dan pelatihan wali nagari juga menjadi faktor dana ini belum bisa direalisasikan. Se­dangkan jadwal pelatihan tersebut diundur pada September mendatang.

“Kita mendesak peme­rintah pusat untuk mela­kukan pelatihan. Kemung­kinan awal Sep­tember dana ini bisa dicair­kan setelah dilakukan pelatihan,” je­lasnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

384 Pejabat Pemko Padang Dilantik Hendri Septa

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:46 WIB
X